Home > Berita > Riau

Dalam Sebulan, Polda Riau Terima 6 Laporan Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Dalam Sebulan, Polda Riau Terima 6 Laporan Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Ilustrasi.

Rabu, 25 Januari 2017 15:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain menyatakan pihaknya telah menerima enam laporan peristiwa kebakaran hutan dan lahan sepanjang Januari 2017. "Enam laporan polisi pada Januari 2017. Yang dijadikan tersangka satu kasus perseorangan," kata Kapolda di Pekanbaru, Rabu (25/1/2017), dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci laporan tersebut berasal dari wilayah mana saja. Akan tetapi, sejumlah wilayah Riau dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada pekan kedua Januari 2017 ini.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan karhutla terpantau di wilayah Rokan Hulu, Bengkalis, Dumai, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Meranti.

Meski begitu, dalam beberapa hari terakhir BMKG menyatakan Riau bebas titik api setelah hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah itu.

BMKG memprediksi hujan yang mengguyur Riau hanya bersifat sementara. Pada Februari mendatang, Riau diprediksi dilanda musim kemarau yang akan terjadi hingga pertengahan tahun. Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Provinsi Riau selanjutnya menetapkan status siaga darurat kabut asap akibat Karhutla hingga 30 April 2016.

Kapolda juga menjelaskan, dalam proses hukum cukup mudah untuk menetapkan pelaku pembakaran lahan sebagai tersangka. Namun, untuk membuktikannya sulit dilakukan. Perlu ditemukan bukti unsur kesengajaan.

"Harus cari unsur kesengajaan. Itu agak susah, tapi jadikan tersangka gampang saja," ujarnya.

Berbeda dengan penanganan kasus korporasi. Menurutnya, cukup sulit untuk menetapkan sebuah korporasi sebagai tersangka. "Tapi membuktikannya gampang, karena dia (perusahaan) lalai saja. Bisa jadi tersangka," ujarnya.

Polda Riau lanjutnya, pada dasarnya cukup berat menangkap masyarakat karena melakukan pembakaran lahan. Untuk itu, ia mengatakan pada 2017 ini, Polda Riau akan terus melakukan beragam upaya mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Salah satunya dengan menyebar maklumat Kapolda sebanyak 10 ribu lembar ke masyarakat di seluruh Riau. Selain itu, ia juga terus menekankan kepada jajarannya untuk meningkatkan patroli dan menyambangi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww