Home > Berita > Riau

Mengejutkan! Tiga dari 10 Pernikahan di Riau Berakhir Cerai

Mengejutkan! Tiga dari 10 Pernikahan di Riau Berakhir Cerai

Ilustrasi.

Senin, 23 Januari 2017 21:46 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kakanwil Kementerian Agama Riau mengungkapkan bahwa data dari Pengadilan Agama menyebutkan angka perceraian di tahun 2016 mencapai 30 persen dari total pernikahan yang terjadi. "Untuk tahun 2016 angka perceraian mencapai 30 persen dari angka pernikahan, dan rata-rata angka pernikahan sekitar 48.000 per tahun," kata Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Ahmad Supardi di Pekanbaru, Senin (23/1/2017) dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Dia juga menyebutkan bahwa tingginya angka perceraian di kabupaten dan kota harus mendapat perhatian serius dari semua kalangan, khususnya Kementerian Agama.

Untuk mencegah perceraian, Kanwil Kemenag Provinsi Riau pada 2017 ini mewajibkan semua calon pengantin untuk mengikuti kursus pranikah. "Calon pengantin diwajibkan mengikuti kursus sebagai persyaratan utama sebelum menikah," ujarnya.

Ia juga meminta agar semua kabupaten/kota mulai tahun ini mewajibkan kursus pranikah bagi calon pengantin, minimal tahap awal dilakukan di ibukota provinsi.

Menurut dia, hingga kini daerah yang sudah melakukan kursus pranikah baru di Kota Pekanbaru dengan dua lembaga pelaksana, yaitu UIN Suska Riau dan BP4 Pekanbaru.

Ia juga menjelaskan materi untuk kursus terkait dengan pranikah, pascapernikahan, kesehatan, pendidikan agama dan beberapa materi terkait lainnya. "Kita sangat berharap ke depannya semua kabupaten/kota bisa menerapkan ini sebagai upaya untuk menekan angka perceraian yang cukup tinggi," ujarnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum, Peristiwa
wwwwww