PotretNews.com Senin 21 Januari 2019
Home > Berita > Riau

Satu Mobil Digadai Rp30 Juta, Begini Cara Kerja Sindikat Penggelapan 41 Kendaraan Modus Rental yang Dibekuk Polda Riau

Satu Mobil Digadai Rp30 Juta, Begini Cara Kerja Sindikat Penggelapan 41 Kendaraan Modus Rental yang Dibekuk Polda Riau

Sejumlah kendaraan hasil penipuan komplotan yang dibekuk Polda Riau. (foto: goriau.com)

Rabu, 28 Desember 2016 06:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Sebanyak Tiga dari total lima pelaku sindikat penipuan modus rental mobil berhasil digulung tim Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau. Meski baru beberapa bulan beraksi, mereka sudah berhasil menggadaikan 41 mobil korbannya.BERITA TERKAIT:

. Sindikat Penggelapan 41 Unit Mobil dengan Modus Rental Ternyata Diotaki Seorang Wanita, Polda Riau Buru 2 Pelaku Lainnya

Ketika beraksi, kelima orang itu punya tugas masing-masing. DE selaku otak dari sindikat ini bertugas sebagai pencari mobil korbannya dengan berpura-pura ingin direntalkan. Wanita ini lah yang kemudian mengatur semua urusannya.

Sementara dua temannya berinisial An alias Anto dan DG yang turut diciduk polisi memiliki tugas sebagai kurir alias pengantar mobil hasil penipuan mereka kepada penerima gadai. Masing-masing mobil mereka lepas dengan harga Rp30 hingga Rp40 juta.

"Modusnya rentalan. Jadi mobil korban dirental mereka dengan harga Rp300. Lalu digadaikan. Kebanyakan digadaikan ke daerah lain seperti salah satunya Muaro Bungo, Jambi," kata Direktur Reskrimum Polda Riau, Kombes Surawan, Selasa (27/12/2016), seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Aksi penipuan tersebut diakui sudah mereka lakoni sejak empat bulan belakangan. "Jadi karena bisnis yang mereka tawarkan cukup menggiurkan, korbannya dapat dengan mudah tertipu. Target mereka memang mobil," imbuh Surawan yang saat itu didampingi Kasubdit III, AKBP Fibri Karpiananto.

Selanjutnya, uang hasil penipuan tersebut mereka bagi rata. Sampai sekarang, baru lima mobil yang berhasil diamankan Polda Riau, diantaranya Toyota Avanza merah metalik, Honda Mobilio hitam, Avanza silver metalik, Innova hitam metalik dan Toyota Vios hitam metalik.

"Sisanya masih kita lacak. Karena mereka gadaikan rata-rata ke luar kota. Tim kita juga sudah turun ke Jambi melakukan penelusuran. Sebagian pembeli (pihak gadai) sudah kita hubungi dan berkoordinasi," ujar Kombes Surawan. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum, Hukrim
wwwwww