PotretNews.com Rabu 19 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Waspada! Sudah 800 Orang yang Terjangkit, HIV/AIDS Mengintai Warga Riau

Waspada! Sudah 800 Orang yang Terjangkit, HIV/AIDS Mengintai Warga Riau

Ilustrasi.

Senin, 12 Desember 2016 18:54 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dalam rangka memperingati World AIDS Day, Scora Cimsa Kedokteran Universitas Riau mengadakan sosialiasi di areal car free day (CFD), Minggu (11/12/2016). Acara itu diikuti puluhan mahasiswa dari kampus kedokteran UR.Sesuai dengan tema acara, yakni lets get checked and know your status, berbagai kegiatan mereka selenggarakan, mulai dari selebrasi hari aids se dunia, senam, tes VCT, edukasi masyarakat tentang hiv dan aids hingga bazar makanan.

Ketua Panitia Kegiatan, Novia mengatakan tujuan sosialiasi tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Pekanbaru akan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Sebab penyakit tersebut sangat berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Namun demikian ia berharap pada masyarakat untuk tidak mengucilkan para penderita HIV dan AIDS, selain tidak menular, mereka juga bisa butuh dukungan dari berbagai pihak untuk melanjutkan pendidikan.

Sementara itu Ketua Konselor Acara Dr Silvia Indriani seperti dikutip potretnews.com dari tribunpekanbaru.com mengatakan hingga saat ini sudah lebih dari 800 orang warga Riau positif terjangkit AIDS. Ibu rumah tangga merupakan peringkat kedua setelah pelaku heteroseksual. Kaum hawa tersebut tertular dari suaminya sendiri.

"Penyakit HIV dan aids itu bisa menular lewat beberapa jenis, mulai dari hubungan seksual, jarum suntik, ASI, ibu hamil pada anak yang dikandung dan lainnya. Kaum perempuan paling banyak terjangkit HIV dan Aids karena tertular dari suaminya yang suka gonta-ganti pasangan. Oleh karena itu, para penderita seperti ini jangan sampai dikucilkan atau dihindari, mereka hanya korban," ujar Kepala Pelayanan Khusus HIV dan AIDS RSUD Arifin Ahmad tersebut. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum
wwwwww