PotretNews.com Rabu 26 September 2018
Home > Berita > Inhil

Sejak 2010, Sudah 50 Orang Tewas karena HIV/AIDS di Inhil

Sejak 2010, Sudah 50 Orang Tewas karena HIV/AIDS di Inhil

Ilustrasi.

Rabu, 07 Desember 2016 10:50 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Sejak tahun 2010, tercatat ada 170 kasus HIV AIDS oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Di antaranya, sudah ada 50 pengidap HIV/AIDS di daerah itu yang telah meninggal dunia.Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Inhil Zainal Arifin beberapa waktu lalu kepada awak media. Dijelaskannya, angka tersebut merupakan yang terdata oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Inhil.

"Itu yang tercatat, bisa saja masih ada lagi di luar sana yang belum melaporkan kepada kami," kata Wakil Ketua I KPA Inhil Zainal Arifin.

Untuk itu, dia berharap kepada masyarakat yang merasa untuk tidak malu atau takut memeriksakan diri kepada puskesmas yang memiliki klinik psikes.

Ads
"Untuk di Kota Tembilahan ada di RSUD Puri Husada, Puskesmas Gajah mada, Puskesmas Gunung Daek dan Puskesmas Tembilahan Hulu di Jalan Sederhana," tuturnya.

Untuk di daerah, lanjutnya juga telah ada, yakni di Guntung dan Tanah Merah. "Memang tidak semua kecamatan ada. Semua ada tahap-tahapnya, seperti petugas dan lainnya," kata Sekretaris KPA Inhil, Umar Pulungan.

Untuk mensiasati agar sosialisasi bahaya HIV AIDS agar sampai ke desa-desa, KPA Inhil bekerja sama melalui Program DMIJ memberikan pelatihan kepada pendamping desa dan perwakilan dari desa.

"Kemudian akan diberikan sosialiasi kepada masyarakat. Selain itu, kami juga memberdayakan melalui kepemudaan untuk sosialisasi kepada masyarakat dengan harapan seluruh masyarakat tahu akan bahaya HIV AIDS dan bagaimana cara pengobatannya," ujarnya. ***

Kategori : Inhil, Umum, Peristiwa
Tour de Siak 2018
wwwwww