PotretNews.com Kamis 30 Maret 2017
Home >  Berita >  Umum

73 Orang Raih Penghargaan karena Kedaulatan Pangan, Ada yang dari Kuansing

73 Orang Raih Penghargaan karena Kedaulatan Pangan, Ada yang dari Kuansing

Ilustrasi.

Kamis, 01 Desember 2016 05:47 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Sejumlah orang yang memiliki pengaruh dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan, mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (PAN). 15 orang menjadi perwakilan untuk menerima penghargaan dari presiden.Penerimaan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tahun 2016 sebanyak 73 orang yang terdiri dari lima kategori penerima. Yaitu, Pembina Ketahanan Pangan sebanyak 18 orang, Pelopor Ketahanan Pangan 5 orang, Pelayanan Ketahanan Pangan 17 orang, Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan 30 penerima, dan Pemangku Ketahanan Pangan sebanyak 3 orang.

Demikian dikatakan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Istana Negara, Rabu (30/11/2016). Dalam rilis Kementerian Pertanian disebutkan, penghargaan kategori Pembina Ketahanan Pangan diberikan kepada 3 gubernur; 5 bupati/wali kota dan 10 kepala desa/lurah yang berhasil menggerakkan perangkat daerah dan masyarakat dalam mengurangi kemiskinan, kerawanan pangan, gizi buruk, dan meningkatkan produksi pangan serta mempercepat diversifikasi pangan dalam mewujudkan kedaultan, kemandirian dan ketahanan pangan.

Adapun lima kepala daerah yang mendapatkan penghargaan kategori Pelopor Ketahanan Pangan adalah, Kabupaten Jombang, Jatim, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, dan Kabupaten Sleman, DIY.

Ads
Pada kriteria Pelayanan Ketahanan Pangan, penghargaan diberikan kepada 8 orang penyuluh/pendamping; 3 orang peneliti; 6 pengawas/medik veteriner dan pengendali organisme pengganggu tanaman (popt) yang berprestasi dan aktif memberikan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan kemandirian pangan ketahanan pangan di wilayahnya yang melampaui tugas pokoknya dan/atau prestasi luar biasa.

Kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan diberikan kepada 10 kelompok/gabungan kelompok pelaku produksi pangan; 9 kelompok/gabungan kelompok pelaku pemberdayaan masyarakat; dan 11 kelompok pelaku pengembangan pangan olahan/ perakitan tekhnologi pangan yang berhasil mengelola kegiatan produksi pangan/pemberdayaan masyarakat/ pengembangan industri pangan olahan/ perakitan teknologi pangan dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan.

Terakhir, kategori Pemangku Ketahanan pangan diberikan kepada Abah Asep Nugraha (Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat); Uus Permana, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat; dan Akhmad Bakeri, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

loading...
Kategori : Umum, Kuansing
www www