PotretNews.com Selasa 22 Januari 2019

BMKG Keluarkan Peringatan Dini: Sirkulasi di Samudera Hindia dan Sebelah Tenggara Riau Berpotensi Timbulkan Hujan dan Angin Kencang hingga Besok

BMKG Keluarkan Peringatan Dini: Sirkulasi di Samudera Hindia dan Sebelah Tenggara Riau Berpotensi Timbulkan Hujan dan Angin Kencang hingga Besok

Ilustrasi.

Senin, 28 November 2016 08:00 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Riau memprakirakan, sebagian Provinsi Riau bakal dilanda hujan dan angin kencang hingga Selasa (29/11/2016) besok.Ini dipicu karena adanya sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera (925/850 mb), dan Sirkulasi Eddy di sebelah Tenggara Riau. Kondisi itu membentuk pertemuan massa udara (konvergensi) di sekitar wilayah Riau bagian Selatan.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya, dengan intensitas hujan sedang hingga deras di wilayah Kepulauan Meranti (meluas ke wilayah Bengkalis, Rokan Hilir [Rohil], Indragiri Hilir [Inhil], Indragiri Hulu [Inhu]).

Tidak hanya itu, kondisi serupa dimungkinkan juga melanda Kota Pekanbaru, Kampar, dan meluas ke Rokan Hulu (Rohul), Kuantan Singingi (Kuansing), Siak, Pelalawan dan Dumai.

Pertumbuhan awan secara lokal juga berpotensi memicu hujan intensitas sedang hingga deras di Siak, meluas ke Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Rohil dan meluas ke Dumai, Rohul meluas ke Kampar, Pekanbaru, serta Inhu meluas ke Kuansing dan Indragiri Hilir (Inhil).

"Potensi hujan deras di wilayah Sumatera bagian Timur juga berpotensi meluas ke wilayah Riau bagian barat seperti Rohul dan Kampar bagian barat," ungkap Kepala Bidang Data BMKG Pekanbaru Slamet Riyadi, seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Sedangkan potensi hujan deras di Jambi diprakirakan berpotensi meluas ke wilayah Inhu dan Inhil bagian selatan. "Untuk angin kencang berpotensi terjadi di Pekanbaru, Pelalawan, Inhu, Inhil, dan Kuansing," imbuhnya.

Dari kondisi cuaca ini, secara meteorologis perlu diwaspadai terjadinya genangan air, longsor dan banjir di wilayah Riau seperti Kampar, Rohul, Pekanbaru, Siak, Kuansing, Inhu, dan Inhil. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Peristiwa, Riau
wwwwww