PotretNews.com Senin 17 Desember 2018

Imigran Masuk Dumai Meningkat Dua Kali Lipat Sepanjang 2016

Imigran Masuk Dumai Meningkat Dua Kali Lipat Sepanjang 2016

Ilustrasi.

Jum'at, 25 November 2016 08:29 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Kantor Imigrasi Kelas II Dumai, mengatakan jumlah imigran yang masuk ke Kota Dumai, Riau, selama 2016 meningkat 185 orang dibandingkan 2015 hanya 73 orang. Imigran yang masuk ke Dumai didominasi warga negara Bangladesh.Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Dumai Zulkifli Ahmad, Kamis (24/11/2016) mengatakan, imigran masuk ke Dumai melalui pelabuhan tikus (pelabuhan ilegal). Tidak hanya transit, imigran ini juga jadikan Dumai sebagai perlintasan untuk melanjutkan perjalanannya ke negara tetangga, seperti Malaysia.

"Tahun ini saja kita sudah menangani 8 kasus imigran. Penanganan imigran ini juga tidak lepas dari kerjasama instansi lain, seperti Polri dan TNI, serta instansi terkait lainnya," kata dia seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Dia menjelaskan, banyaknya pelabuhan tikus di sepanjang pantai Dumai dimanfaatkan sebagai pintu masuk imigran yang ingin mencari pekerjaan di luar negeri.

Ads
"Mereka masuk di sini ada yang punya dokumen resmi dan tidak, tujuan meninggalkan negaranya karena ingin bekerja di Malaysia. Selain pengawasan, ada sosialisasi, serta menyediakan layanan pengaduan dari masyarakat," ujarnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Hukrim, Umum, Dumai
wwwwww