Home > Berita > Siak

Dibuat Tahun 1890, Inilah Alat Musik Paling Langka di Dunia yang Hanya Ada di Kabupaten Siak

Dibuat Tahun 1890, Inilah Alat Musik Paling Langka di Dunia yang Hanya Ada di Kabupaten Siak

Gramofon merek Komet di Istana Siak di Kota Siak Sri Indrapura.

Minggu, 20 November 2016 08:36 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Gramofon adalah sumber musik yang digunakan yakni berupa piringan, yang terbuat dari besi yang berbentuk lingkaran. Ada gramofon antik dari Jerman yang hanya ada dua di dunia, dan salah satunya berada di Istana Siak Sri Inderapura di Kabupaten Siak, Riau. BERITA TERKAIT:

. Kisah Instrumen Musik ”Komet” Buatan Jerman Tahun 1800-an di Istana Siak, yang Tinggal Satu di Dunia!

Tidak berbeda jauh dengan gramofon lainnya, gramofon antik ini dimainkan dengan cara diputar secara manual terlebih dahulu. Gramofon dengan merk Komet ini dibuat pada tahun 1890-an dan asli Jerman. Alat ini dibawa oleh Sultan Siak pada tahun 1896 dari lawatannya ke Eropa.

SIMAK:

. Beberapa Versi Asal-usul Nama ”Siak” dan Rahasia yang Belum Terungkap

Alat pemutar musik berukuran 1x1x3 meter ini, sejenis fonograf dengan piringan berupa lempengan baja berdiameter 1 meter. Komet terdiri dari dua bagian, yaitu atas dan bawah

Bagian atas yang berdinding kaca sebagai tempat diputarnya fonograf, bagian bawah tempat disimpannya lempengan baja berisi lagu-lagu dari komponis terkenal.

Di dalam alat musik tersebut terdapat penjelasan yang mengatakan. komet, sejenis musik gramopon piringnya terbuat dari baja yang terdiri dari musik-musik instrumen klasik Jerman abad VIII ciptaan komponis terkenal Beethoven, Mozart dan Strauss, dibawa oleh Sultan Siak XI tahun 1896 dari lawatannya ke Eropa.

Menurut beberapa sumber, satu lagi gramofon Komet yang ada, yakni di Jerman, sudah rusak sehingga gramofon Komet yang ada di Istana Siak tinggal satu-satunya yang tersisa dan masih bisa digunakan di dunia.

Editor:
Fanny R Sanusi

Sumber:
Viva.co.id

Kategori : Siak, Umum, Peristiwa
wwwwww