Home > Berita > Inhil

Asisten I Setdakab Inhil: Wawasan Kebangsaan untuk Persatuan dan Kesatuan

Jum'at, 18 November 2016 22:22 WIB
Advertorial
asisten-i-setdakab-inhil-wawasan-kebangsaan-untuk-persatuan-dan-kesatuanMewakili bupati, Asisten I Setdakab Inhil Afrizal menyampaikan sambutan sebelum membuka dialog dan diskusi wawasan kebangsaan.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau diwakili Asisten I Setdakab Afrizal membuka dialog dan diskusi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Inhil, Jumat (18/11/2016). Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdim 0314 Inhil, Wakapolres Inhil, Kepala Kesbangpol, tokoh agama, mahasiswa serta paguyuban dan organisasi yang ada di Kabupaten Inhil.

Asisten I dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan dialog dan diskusi wawasan kebangsaan, yang bertujuan untuk lebih meningkatkan dan menggugah kembali rasa nasionalisme, cinta tanah air, setia kepada Pancasila dan UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kesadaran kebangsaan merupakan kondisi yang amat dinamis yang perlu dibina dan dikembangkan serta didukung oleh intitusi pemerintah, institusi politik, sosial budaya, ekonomi serta pertahanan keamanan," kata dia.

Masyarakat Inhil merupakan masyarakat yang heterogen, yang terdiri dari berbagai suku, etnis, agama dan budaya yang merupakan kondisi alamiah majemuk dan kompleks. Keragaman tersebut merupakan unsur yang sangat strategis dan menguntungkan untuk membangun bangsa.

"Namun di sisi lain juga memberi potensi kerawanan yang besar dari berbagai segi kehidupan yang sewaktu-waktu dapat memicu gejolak dan dikhawatirkan berakhir dengan konflik antar golongan, ras, agama atau daerah yang sungguh sangat tidak kita harapkan dan kita inginkan," paparnya.

Untuk itu, dengan dilaksanakannya dialog ini, dia berharap dapat meningkatkan rasa kebangsaan dan nasionalisme sehingga selalu terjalin persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan dialog wawasan kebangsaan dengan pemateri Kasdim 0314 Inhil dan Wakapolres Inhil. (adv/pemkab/suf)

wwwwww