PotretNews.com Rabu 19 September 2018
Home > Berita > Riau

Ini Alasannya Mengapa Riau Paling Rentan Terinfeksi Virus Zika

Ini Alasannya Mengapa Riau Paling Rentan Terinfeksi Virus Zika

Ilustrasi virus Zika. (foto: fox26houston)

Selasa, 15 November 2016 13:09 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Singapura telah terjangkit virus Zika. Karenanya, Indonesia sebagai negara tetangga perlu waspada, terlebih di Provinsi Riau. Riau dikatakan rentan terjangkit virus Zika. Hal itu disebabkan oleh letak geografis Riau yang cukup dekat dengan Singapura."Riau terletak dipinggangnya pulau Sumatera, berbatasan dengan Singapura. Jaraknya sangat dekat, naik speed boat hanya satu jam. Penyebaran nyamuk dan virus cukup tinggi mengikuti mobilitas," ucap Dr dr Ririe Fachrina Malisie, SpA (K), Wakil Ketua Panitia pelaksana lokal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau usai Press Conference Gerakan 3M Plus Lavitrap yang bersama HIT, di Jakarta, Senin (14/11/2016).

BACA JUGA:

. Warga Riau Waspadalah... Virus Baru Mirip Demam Berdarah Menyerang Indonesia

Ads
Ada beberapa faktor lain yang membuat Riau rentan terjangkit virus Zika. Seperti halnya daerah pinggiran Riau, tepatnya di Kabupaten Pelawan, yang sering dikatakan lokasi ini merupakan pusat perputaran dolar putih (dolar Singapura) karena mobilitasnya cukup tinggi.

Kawasan ini merupakan pusatnya industri bar, kemudian terdapat pabrik pembuatan kertas dari pohon akasia. Limbah dari pabrik tersebut yang membuat daerah di sekitarnya jadi sarangnya nyamuk. Kemudian, berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau tahun 2011-2016. Tahun ini Riau memasuki siklus 5 tahunan akan perkembangan nyamuk dan diperkirakan mencapai puncaknya pada awal November, Desember dan Januari 2017.

"Ini hanya data Riau. Diskes memastikan bahwa perkembangbiakan nyamuk bergantung pada cuaca, musim penghujan, pergeseran iklim di Pulau Sumatera. Dinas Kesehatan Riau sudah melihat siklus ini," ujarnya sebagaimana dikutip potretnews.com dari okezone.com. Meski di Tanah Air belum ditemukan pasien terjangkit virus Zika. Namun, hal inilah yang membuat Riau cukup rentan dan perlu waspada dengan penyebaran virus Zika. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww