Home > Berita > Riau

Ingin Tahu Kondisi Lalu Lintas Kota Pekanbaru saat Ini, Klik di Sini

Ingin Tahu Kondisi Lalu Lintas Kota Pekanbaru saat Ini, Klik di Sini

Ruas jalan di flyover Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. (foto: goriau.com)

Sabtu, 29 Oktober 2016 17:47 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Riau meluncurkan aplikasi berbasis teknologi melalui ponsel pintar.

BACA JUGA:

. Polda Riau Luncurkan Aplikasi Si ProMo untuk Pantau Arus Lalu Lintas dan Pungli

Aplikasi yang diberi nama Si ProMo (singkatan dari polisi profesional dan modern) ini bisa digunakan untuk memantau arus lalu lintas di Pekanbaru lewat jaringan CCTv Dirlantas Polda Riau.

Selain untuk memantau arus lalu lintas, fitur ini juga bisa menjadi tempat pengaduan dan saran, pendaftaran SIM secara online sekaligus ada simulasi latihan dan teori SIM serta bisa melihat laporan SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan) secara online.

Dalam aplikasi Si ProMo ini juga bisa melihat keberadaan petugas kepolisian, lokasi-lokasi polsek dan pelayanannya hingga konten pengaduan dan saran, sehingga masyarakat dapat melapor bila ada kekurangan, termasuk pungli (pungutan liar).

Dan yang paling diunggulkan, adalah fitur Panic Button. Ini disediakan untuk menolong masyarakat yang butuh bantuan darurat. Cukup tekan Panic Button polisi akan tiba dengan segera. Panic Button bahkan terintegrasi ke seluruh polres dan jajaran se-Polda Riau.

Panic Button ini difungsikan hanya untuk kondisi darurat, semisal terjadi kejahatan, aksi kriminalitas dan sebagainya. Polisi yang menerima signal Panic Button akan melacak keberadaan si pemencetnya dan tiba ke sana.

"Ini aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepolisian terkhususnya berbasis IT. Semua fitur-fiturnya bisa dimanfaatkan masyarakat," kata Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain usai launching tadi malam di salah satu mal di Pekanbaru.

"Menurut saya ini sekaligus bisa menekan pungli juga, mengurangi pertemuan antara polisi dan masyarakat. Ini ikhtiar, usaha kita bersama untuk lebih baik. Ada informasi arus lalu lintas juga, meski belum seluruhnya," ujarnya sebagaimana dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Masyarakat cukup mendownload aplikasi SiPromo tersebut di market atau playstore di ponsel pintarnya, atau unduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=dilantaspoldariau.webby.dilantaspoldariau. Di dalamnya bahkan juga berisi fitur perkembangan penyidikan terkait kasus kecelakaan lalu lintas.

Sayangnya khusus untuk layanan CCTv belum mencakup seluruh wilayah di Kota Pekanbaru, baru pada lima titik sentral dan pusat bisnis. Mudah-mudahan ke depan akan lebih banyak lagi lokasi yang bisa dipantau. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Kategori : Riau, Peristiwa
wwwwww