Anggota Dewan Usul Jalan Desa di Rohil Dibangun Sistem Rigid

Sabtu, 15 Oktober 2016 20:31 WIB
Advertorial
anggota-dewan-usul-jalan-desa-di-rohil-dibangun-sistem-irigidiAnggota DPRD Rohil Amansyah.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau Amansyah SH mengusulkan agar pembangunan jalan kecamatan dan jalan antardesa tidak lagi menggunakan sistim semenisasi. Ia mengusulkan jalan antardesa dan kecamatan dibangun sistim rigid. Menjawab wartawan, di Gedung DPRD Rohil di Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi, Kamis (13/10/2016), Amansyah berpendapat mindset pembangunan jalan desa dan jalan kecamatan yang selama ini sistem semenisasi, perlu diubah.

”Pembangunan jalan sistim rigid perlu diterapkan pada pembangunan jalan desa dan kecamatan. Ini bisa dilakukan, misal jika jalan kabupaten atau provinsi semen rigid ketebalannya 30 cm, maka jalan desa atau kecamatan ketebalannya bisa 15 cm,’’ kata Amansyah.

Dia menyebut, sistim rigid pada pembangunan jalan desa dan kecamatan perlu dilakukan agar pembangunan infrastruktur jalan di desa dan kecamatan bisa lebih tahan lama. Dengan pembiayaan yang ada, bisa disesuaikan.

”Sekarang ini jalan-jalan yang dibangun sistem semenisasi banyak yang tidak berkualitas. Baru dibangun dua bulan sudah hancur. Tapi kalau menggunakan sistim rigid, diharapkan pembangunan jalan akan lebih tahan lama. Sehingga kita tidak terus menerus memikirkan perbaikan jalan tiap tahun,’’ sebutnya.

Dibanding sistem semen dan sistim aspal hotmik, terang Amansyah, pembangunan jalan sistim rigid lebih tahan lama. Kualitas semen jalan rigid jauh lebih tahan dibanding semen biasa. ”Jadi kita sangat berharap kedepan pembangunan jalan desa dan kecamatan mengunakan sistem rigid,” ujar Amansyah. (adv/dewan/jaka)

wwwwww