Home > Berita > Rohil

Bukan Dongeng! Penggali Pasir di Rohil Temukan Harta Karun seperti Emas Tertimbun di Dalam Tanah

Bukan Dongeng! Penggali Pasir di Rohil Temukan Harta Karun seperti Emas Tertimbun di Dalam Tanah

Puluhan benda kuno berkilau emas milik Andi. (foto: goriau.com)

Rabu, 12 Oktober 2016 13:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seorang pria di Kecamatan Tanahputih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau, yang bekerja sampingan sebagai penggali pasir ini tak menyangka, jika sebuah kendi yang ia temukan bakal membawanya ke harta karun ”zaman kuno”. Sebut saja nama pria ini Andi (identitas sengaja disamarkan, red). Lelaki umur 32 tahun tersebut tak pernah bermimpi bakal menemukan benda-benda tak lazim, yang diduga berasal dari zaman yang bahkan ia sendiri belum dilahirkan kala itu.

Barang antik ini di antaranya keris kuno, gelang berkepala naga, benda mirip emas batangan, koin, balpoin berisi keris, serta peti berukir tulisan arab, lengkap dengan naga yang sedang berlikuk. Semua benda tersebut berwarna emas, dengan jumlah 12 buah.

Andi juga menemukan benda mirip semar mesem (keris sakti, red) berkepala ular. Lalu juga ada telur yang ruasnya berukir tulisan arab. Semuanya ditemukan di dalam peti naga tersebut, dengan kondisi yang masih utuh dan juga berwarna kuning emas.

"Kerjaan saya karyawan, cuma sampingan menggali pasir di daerah saya tinggal. Di situ ada galian pasir yang dijual buat bahan bangunan. Jadi tiap akhir pekan, saya kerjain itu (gali pasir, red). Nah di sana saya menemukannya," kata dia.

Andi yang sempat diwawancarai menceritakan, awalnya dia menemukan pecahan kendi saat menggali pasir. "Kira-kira sebesar asbak kendinya. Saya bersihin biar nggak kotor," bebernya.

Kendi itu, imbuhnya, ditemukan sudah dalam bentuk pecahan. Lantaran penasaran, dia pun memutuskan menggali lagi di sekitar lokasi tempat barang itu pertama kali ditemukan, dengan harapan ada pecahan lainnya.

"Eh malah saya mendapatkan benda-benda kuno ini. Keadaannya tertimbun tanah di kedalaman sekitar empat meter. Itu masih kotor, karena mungkin sudah lama. Saya langsung bersihkan. Tahu-tahunya warnanya emas semua," tuturnya seperti dilansir dari GoRiau.com.

Tak ayal, teman-teman Andi yang kebetulan ikut menggali pasir dengannya saat itu terbelalak dan dibuat tak percaya melihat puluhan barang langka ini. Bahkan mereka ikut mencari, namun tidak membuahkan hasil.

"Sudah nggak ada lagi, setiap dicari pun tak ada," terangnya sambil menunjukkan satu per satu koleksi benda kuno itu secara khusus. Andi pun tidak tahu pasti, apakah benda itu terbuat dari emas atau bukan. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Kategori : Rohil, Peristiwa
wwwwww