Home > Berita > Rohil

Bangun Perkantoran, Strategi Pemkab Rohil Optimalkan Pelayanan

Sabtu, 24 September 2016 07:42 WIB
Advertorial
bangun-perkantoran-strategi-pemkab-rohil-optimalkan-pelayananBupati Rokan Hilir, Riau, Suyatno (baju merah) meninjau kantor baru bupati di kawasan Batu Enam, beberapa waktu lalu. (foto: dok. potretnews.com)
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau terus menggesa penyelesaian pembangunan perkantoran berbagai instansi. Langkah untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Infrastruktur, salah satu kebutuhan penting dalam menjalankan roda pemerintahan. Tentu saja, pembangunannya sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Infastruktur diperlukan mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat kepenghuluan/kelurahan. Infrastruktur pemerintahan dijadikan tempat menjalankan roda pemerintahan, pelayanan sampai menyimpan semua dokumen penting.

Batu 6, begitu nama daerah ini, merupakan kawasan yang dirancang sedemikian rupa untuk dijadikan kawasan perkantoran, termasuk dikawasan ini sudah berdiri kantor bupati 8 lantai dan telah difungsikan.

Kantor ini bahkan menjadi ikon baru Kabupaten Rokan Hilir, sehingga, bagi wisatawan yang berkujung ke Bagansiapiapi, biasanya berfoto dengan latar kantor bupati, tidak pernah dilupakan, dan menjadi kebanggaan.

Namun, kondisi sekarang, masih banyak sejumlah SKPD yang belum memiliki kantor sendiri, sehingga harus menyewa pada sejumlah ruko, tentu memerlukan biaya tambahan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092016/potretnewscom_bu9yw_585.jpg
Kantor Bupati Rokan Hilir nan megah di kawasan Batu Enam.

Lalu, ada SKPD yang sudah memiliki kantor di kawasan perkantoran Batu 6, namun belum juga ditempati, sehingga banyak kelengkapan yang ada sudah mulai hilang dicuri maling, dan perlu perbaikan lagi.

Yang lebih parah, ada beberapa kantor instansi vertikal yang dibangun Pemkab Rohil sampai sekarang belum ditempati dan tidak fungsikan, dan ada beberapa kantor yang sudah dialihfungsikan untuk kantor beberapa SKPD.

Itu di tingkat kabupaten, bagaimana pula dengan infrastruktur pemerintah ditingkat kecamatan dan kepenghuluan/kelurahan. Di tingkat kecamatan, selain perlu kantor camat, juga dibutuhkan infrastruktur pemerintah penunjang kesehatan, pendidikan, pertanian/peternakan, perkebunan sampai sejumlah kantor UPTD lain.

Dimulai dari insfrastruktur pemerintah ditingkat kabupaten. Kantor bupati berdiri megah delapan lantai di Komplek Perkantoran Pemkab Rohil di Batu Enam. Bahkan, bangunannya mirip Gedung Putih, diklaim sebagai kantor bupati termegah di Indonesia. Disusul bangunan perkantoran lainnya secara bertahap, sejak Rokan Hilir dimekarkan dari Kabupaten Bengkalis, 16 tahun lalu.

Untuk kantor bupati, saat ini telah dipergunakan, bupati, wakil bupati, sekda, asisten, kabag sampai pengawai honorer sekretariat daerah sudah ngantor di tempat ini. Sementara kantor lama bupati di Jalan Merdeka, Bagansiapiapi telah diperuntukkan bagi Bagaian Keuangan dan ke depan akan dipergunakan sebagai Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, ditambah lantai 4 menjadi ruang rapat, sedangkan Bagian Keuangan di Jalan Merdeka dipergunakan untuk Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu.

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092016/potretnewscom_xqlcs_587.jpg
Bupati Rokan Hilir H Suyatno membuka selubung papan nama tatkala meresmikan Kantor Penghulu Teluk Nilap Jaya.

Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Rohil Drs Muhammad Rusli Syarif, M.Si menjelaskan, delapan kantor camat perlu dibangun baru, di antaranya tiga kecamatan baru. Sedangkan untuk pembangunan kantor penghulu dan kantor camat itu, sudah diserahkan kepada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Suwandi SSos mengemukakan, tahun 2016, Pemkab Rohil membangun tiga kantor camat baru, Kantor camat, Balai Jaya, Bagansinembah Raya dan Tanjungmedan, ditambah satu pembangunan lanjutan, Kantor Camat Rantaukopar, sedangkan untuk kantor penghulu, dibangun empat buah kantor.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092016/potretnewscom_zvlaj_586.jpg
Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Kapolres AKBP Hendri Posma Lubis SIK, Anggota DPRD Rohil Hj Rusmanita dan Dodi Saputra SH, camat, kapolsek, foto bersama usai peresmian rumah dan kantor Bhabinkamtibmas, belum lama ini.

Kantor SKPD diakuinya banyak yang belum ada, secara berangsur-angsur akan tetap dibangun. Namun fokus utama Pemkab Rohil memfungsikan bangunan yang sudah dibangun tapi belum difungsikan, di antaranya menjadikan Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk Badan Kepegawaian Daerah (BKD) besama Balai Diklat.

Begitu juga Polair, akan dijadikan juga Kantor SKPD yang belum ada. “Rencana pak bupati, Polair itu digunakan untuk SKPD yang belum ada kantor, sementara SPN akan dijadikan Balai Diklat, termasuk mungkin BKD disitu nanti,” ujarnya. (adv/pemkab)

wwwwww