Ratusan Warga Singingi Hilir Kuansing Demo PT Wanasari Nusantara Tuntut Kontribusi Perusahaan dan Sediakan Anggaran Kepemudaan

Ratusan Warga Singingi Hilir Kuansing Demo PT Wanasari Nusantara Tuntut Kontribusi Perusahaan dan Sediakan Anggaran Kepemudaan

Ilustrasi.

Rabu, 21 September 2016 13:47 WIB
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Ribuan masyarakat dari tiga desa di Singingi Hilir mendatangi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Wanasari Nusantara (WSN), Rabu (21/9/2016) pagi. Unjuk rasa ini dilakukan karena tidak pedulinya perusahaan terhadap masyarakat sekitar. "Kami menuntut kontribusi sosial dari PT WSN yang selama ini tidak pernah peduli dengan masyarakat sekitar," ujar Wiji Soelyono selaku penanggung jawab aksi. Ia merupakan Ketua Karang Taruna Desa Sungai Buluh. Selain warga Sungai Buluh, massa juga berasal dari Desa Simpangraya dan Desa Petaibaru.

”Dikatakan Wiji, warga juga menuntut PT WSN bekerja sama dalam membangun desa tempatan. Dalam hal ini, adanya peningkatan pendidikan, sosial masyarakat dan budaya sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

Tidak hanya itu, warga juga menuntut agar PT WSN dapat memberikan kontribusi riil berupa anggaran dana binaan Karang Taruna. "Agar, kami bisa menjalankan seluruh kegiatan kepemudaan."

"Tuntutan kami yang terakhir, meminta perusahaan menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga pengangguran berkurang," ujar Wiji.

Aksi damai ini mendapat pengawalan ketat dari Polres Kuansing. Dimana, dalam hal ini kapolres menerjunkan Kasat Intel AKP Anton Rama Putra, SH dan Kapolsek Singingi Hilir AKP Supriyanto yang memimpin unjuk rasa. Selain itu, juga ada aparat TNI yang mengamankan jalannya aksi ini.

Setelah berorasi di depan PKS, Manajer PT WSN, Sainul Aidi menemui demonstran. Ia melakukan negosiasi dengan perwakilan pengunjuk rasa. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Kuansing, Peristiwa
wwwwww