PotretNews.com Kamis 24 Mei 2018

Meski Dihadiri Bupati, Dandim, dan Anggota DPRD Bengkalis, Pawai Takbir di Kota Duri Tidak Semarak

Meski Dihadiri Bupati, Dandim, dan Anggota DPRD Bengkalis, Pawai Takbir di Kota Duri Tidak Semarak

Salah satu mobil bak terbuka yang isinya anak-anak ikut dalam rombongan pawai takbir Idul Adha di Kecamatan Mandau.

Minggu, 11 September 2016 23:50 WIB
DURI, POTRETNEWS.com - Pelaksanaan pawai takbir Idul Adha 1437 H Kecamatan Mandau yang dipusatkan di halaman Kantor Koramil 04, Pokok Jengkol Kelurahan Batang Serosa ini bagaikan sayur tanpa garam.Padahal orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, Amril Mukminin, Dandim Bengkalis Rizal Faizal Helmi, dan sejumlah anggota DPRD Bengkalis hadir dan membuka kegiatan tersebut.

Meskipun sudah menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan pemerintah Kecamatan Mandau setiap malam menjelang hari raya, peserta pawainya tetap tidak siap. Kegiatan yang terkesan dipaksakan ini hanya bisa menampilkan dua mobil hias dari Kelurahan Talangmandi.

Sementara delapan kelurahan serta 15 desa lainnya sama sekali tidak ada penampilkan atribut yang akan membuat suasana pawai takbir meriah, misalkan seperti replika sapi atau kambing sebagai hewan yang biasa dikurbankan, atau berbagai atribut lainnya.

Ads
Selain itu, peserta pawai juga banyak yang menggunakan mobil bak terbuka yang diatasnya penuh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Tidak hanya itu, bahkan truk yang biasa digunakan untuk mengangkut tanah timbun juga ikut dalam rombongan pawai takbir tersebut, penuh dengan orang.

"Bukan ramainya yang dilihatkan, tetapi syiar islamnya tidak nampak pada acara takbir Idul Adha kali ini. Ini kan kegiatan rutin, harusnya masih-masing mesjid di kelurahan atau organisasi pemuda sudah membuat berbagai atribut, mobil hias yang penuh lampu. Banyak cara sebenarnya, kalau orangnya sendiri mau, atau panitianya tegas," ujar Riki warga Duri, Minggu (11/9/2016).

Tidak hanya itu saja, lanjut Riki, peserta pawai sebelum jalan bukannya menyalakan alunan takbir, tetapi malah house music. "Bukannya takbir bersama, malah joget-joget diatas mobil bak terbuka itu sebelum berjalan," imbuhnya lagi.

Berdasarkan pantauan, usai dilepas oleh Bupati Bengkalis, peserta pawai bergerak menuju rute yang sudah disediakan oleh panita. Diperkirakan peserta pawai tahun ini tidak sampai seribu jiwa.

Tampak hadir sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemkab Bengkalis, sejumlah Anggota DPRD Bengkalis, Ketua TP PKK Bengkalis, Camat Mandau Djoko Edy Imhar, Danramil 04 Mandau Kapten Inf Y Mendrofa, Kapolsek Mandau Kompol Ricky Ricardo, Kapolsek Pinggir Kompol Raden Edi dan sejumlah tokoh masyarakat.

Camat Mandau, Djoko Edy Imhar saat dikonfirmasi menyebutkan karena terlambatnya persiapan kegiatan pawai takbir ini, kelurahan dan desa juga tidak diwajibkan untuk menampilkan mobil hias. Namun diharapkan mampu membuat suasana meriah pada pawai takbir Idul Adha ini.

"Ke depannya akan kita konsep kegiatan pawai takbir ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan tetap mengedepankan syiar Islam. Ini bisa jadi juga karena kelurahan dipimpin oleh lurah yang baru, dan saya sendiri juga masih baru di Mandau," kata camat. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
GoRiau.com

loading...
Kategori : Bengkalis, Peristiwa
Pesona Siak
wwwwww