Home > Berita > Inhil

Perjuangkan 19 Tenaga Penyuluh Pertanian Jadi CPNS, Bupati Inhil Tanda Tangani MoU dengan Menteri Pertanian

Jum'at, 02 September 2016 22:23 WIB
Advertorial
perjuangkan-19-tenaga-penyuluh-pertanian-jadi-cpns-bupati-inhil-tanda-tangani-mou-dengan-menteriBupati Inhil HM Wardan (kiri) bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (foto: humas setdakab inhil).
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan menandatangani MoU dengan Kementerian Pertanian untuk menjamin pelaksanaan pengadaan CPNS penyuluh pertanian dari Pelamar Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TB penyuluh pertanian), Jumat (2/8/2016). Acara yang dilaksanakan di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Pasar Minggu Jakarta Selatan itu diikuti oleh bupati/wali kota se-Indonesia. Sebanyak 19 tenaga penyuluh pertanian di Inhil diusulkan oleh Pemkab Inhil melalui BP2KP Inhil untuk diseleksi.

Dari 19, yang diusulkan tersebut, hanya 12 orang yang memenuhi kriteria yang diajukan Kementerian Pertanian, yaitu minimal berusia 35 tahun pada 31 Desember 2016.

''Kita berharap, dari total jumlah itu bisa lolos melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negeri (BKN) dan bisa diangkat menjadi CPNS,'' kata bupati.

Bupati mengaku sangat mendukung program pengadaan CPNS penyuluh pertanian ini, karena dikatakannya itu sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Inhil.

''Dengan peningkatan status itu, kita berharap para penyuluh-penyuluh pertanian di lapangan lebih lagi dapat meningkatkan kreabilitas dan kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai peyuluh pertanian di lapangan,'' imbuh Bupati HM Wardan.

Mengingat jumlah tenaga penyuluh pertanian di Inhil belum mencukupi, Bupati berharap program dari Kementerian Pertanian ini terus berlanjut tahun-tahun selanjutnya.

''Mudah-mudahan kedepan ini berlanjut, sebagaimana pidato Menteri pertanian secara bertahap setiap tahunnya akan adanya peluang pengangkatan seperti ini, sehingga kebutuhan akan penyuluh pertanian tercukupi. Sehingga, menjadi pemicu untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya produksi padi di Inhil,'' ujar HM Wardan. (adv/pemkab/suf)

wwwwww