Home > Berita > Riau

BI Siapkan Rp1,5 Triliun untuk Isi ATM di Riau

BI Siapkan Rp1,5 Triliun untuk Isi ATM di Riau

Ilustrasi.

Kamis, 30 Juni 2016 18:46 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Bank Indonesia Perwakilan Riau menyiapkan uang kartal senilai Rp1,5 triliun untuk dipasok ke sekira 1.800 mesin ATM yang tersebar di daerah tersebut. Kepala BI Perwakilan Riau Ismet Inono mengatakan dana yang disiapkan itu termasuk pada program pelayanan uang di momen Lebaran tahun ini yang mencapai total Rp5,2 triliun.

“Untuk ATM kami siapkan Rp1,5 triliun, nantinya bank umum pemerintah dan swasta akan mengambil uangnya ke kami untuk diisikan ke sekitar 1.800 mesin ATM di Riau,” katanya Kamis (30/6).

Ismet mengatakan dana sebanyak itu merupakan upaya Bank Indonesia untuk memastikan ketersediaan uang tunai di mesin ATM sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berlebaran di kampung halaman.

Sementara itu hingga Kamis siang, penukaran uang tunai pecahan kecil mulai Rp1.000 hingga Rp100.000 masih dilayani di Kantor Bank Indonesia. Tercatat uang yang sudah ditukarkan masyarakat Riau mencapai Rp3,7 triliun.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat Riau dan sekitarnya memanfaatkan layanan penukaran uang resmi dari Bank Indonesia atau bank umum lainnya yang telah ditunjuk.

“Kami imbau masyarakat supaya melakukan penukaran uang di tempat yang resmi, tidak perlu takut karena tidak ada potongan sepeserpun, kalau ada bank yang melakukan pemotongan laporkan ke kami agar dilakukan penindakan,” katanya.

Ismet menambahkan layanan penukaran uang ini tetap berjalan hingga awal pekan mendatang yaitu Senin 4 Juli. Sedangkan pada esok harinya Selasa 5 Juli, layanan perbankan akan tutup karena telah masuk jadwal cuti bersama.

Selanjutnya layanan perbankan kembali buka normal pada Senin 11 Juli mendatang.

Sebelumnya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk area Pekanbaru memerkirakan terjadi kenaikan transaksi tunai selama momen Ramadan dan Lebaran tahun ini hingga 30%.

Area Head Pekanbaru Bank Mandiri Agus Sanjaya mengatakan seperti tahun sebelumnya, pihaknya telah mengantisipasi kondisi tersebut dengan menyiapkan uang tunai pecahan kecil mulai Rp2.000 hingga Rp100.000.

"Sudah kami antisipasi dan prediksi kami transaksi tunai naik 30%, untuk uangnya kami siapkan Rp1,6 triliun di Riau daratan," katanya.

Agus mengatakan dari persiapan itu, untuk Kota Pekanbaru saja dana tunai yang disiapkan senilai Rp560 miliar. Menurutnya bagi masyarakat yang membutuhkan, Bank Mandiri siap melayani penukaran uang tanpa dipungut biaya tambahan. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Bisnis.com

Kategori : Riau, Umum
wwwwww