Home > Berita > Riau

Dua Pekan, Penukaran Uang di Riau Capai Rp855 Miliar

Dua Pekan, Penukaran Uang di Riau Capai Rp855 Miliar

Ilustrasi.

Jum'at, 24 Juni 2016 13:08 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hampir dua pekan berjalan, program penukaran uang baru yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah tercatat mencapai Rp855 miliar. Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Irwan Mulawarman mengatakan penukaran uang baru masih didominasi oleh penarikan bank umum setempat.

“Kami mencatat transaksi penukaran uang sudah Rp855 miliar, rinciannya penarikan bank umum setempat Rp831 miliar, penukaran di tenda kantor Bank Indonesia Rp9,1 miliar, penukaran di Bank Perkreditan Rakyat se-Riau Rp7,3 miliar,” katanya, Kamis (23/6/2016).

Selain transaksi itu, pihaknya juga mencatat transaksi di luar Pekanbaru yang digelar BI Riau di tiga tempat yaitu Dumai, Tembilahan, dan Pasirpengaraian. Pada tiga lokasi ini, jumlah transaksi penukaran uang baru mencapai Rp8 miliar.

Irwan menilai penukaran dan penarikan uang bakal kian bertambah setelah proses pembayaran THR, dan gaji ke 13 PNS direalisasikan oleh perusahaan swasta dan pemda setempat.

Untuk kebutuhan penukaran ini, Bank Indonesia Perwakilan Riau sudah menyiapkan dana senilai Rp5,2 triliun. “Dana tunai yang kami siapkan Rp5,2 triliun, lebih tinggi dari transaksi tahun lalu yang mencapai Rp4,2 triliun, kami perkirakan transaksinya bakal sama dengan tahun lalu atau bisa sampai Rp4,5 triliun,” ujar dia.

Adapun BI Riau saat ini memiliki dana cadangan hingga Rp7,5 triliun yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan dana daerah Riau dan sekitarnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Bisnis.com

Kategori : Riau, Umum
wwwwww