PotretNews.com Selasa 20 November 2018

Dua Truk Berisi Sampah Dibawa Pendemo ke Halaman Kantor Wali Kota, Penyapu Jalan Teteskan Air Mata Memohon Upah Dibayarkan

Dua Truk Berisi Sampah Dibawa Pendemo ke Halaman Kantor Wali Kota, Penyapu Jalan Teteskan Air Mata Memohon Upah Dibayarkan

Unjuk rasa buruh pengangkut sampah di Kantor Wali Kota Pekanbaru. (foto: goriau.com)

Kamis, 09 Juni 2016 10:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Unjuk rasa menuntut dicairkannya tunggakan dua bulan gaji buruh pengangkut sampah di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (9/6/2016) diwarnai isak tangis. Mereka memohon Wali Kota Pekanbaru, untuk membayar upah mereka secara layak.Mereka long march dari Jalan Cut Nyak Dien, menuju kantor wali kota. Tidak lupa massa juga membawa spanduk tuntutan. Bahkan dua truk berisi penuh sampah mereka bawa ke depan gerbang kantor.

"Tolong kami pak. Kami butuh gaji. Belanja di pasar butuh uang. Ini sudah puasa dan mau Lebaran. Mau bagaimana kami kalau gaji tidak ada," ungkap salah seorang pendemo wanita melalui pengeras suara. Bahkan suara wanita ini bergetar dan ia menangis sambil terbata-bata.

Aksi yang dilakukan oleh Aliansi Buruh Kebersihan Kota Pekanbaru tersebut tidak muluk-muluk. Mereka hanya ingin haknya selama dua bulan dibayarkan. Tuntutan lain, antara lain Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT untuk menyelesaikan hak atau upah buruh sampah. Tuntutan lainnya meminta Pemko menyesuaikan gaji buruh kebersihan sesuai UMK 2016.

Ads
Massa juga meminta agar pemerintah memperjelas dan menjamin status dan kesejahteraan pekerja buruh sampah. "Bisa dilihat, kesejahteraan buruh sampah masih jauh dari harapan, pemerintah kota seolah-olah tutup mata," tandas koordinator umum, Purwanto dalam orasinya.

"Tuntutan lain, kita mau ada transparansi anggaran kontrak Pemkot Pekanbaru dan PT Multi Inti Guna (MIG) dan juga mendesak wali kota mencopot Kadis Kebersihan dan Pertamanan," tukasnya.

Hingga berita ini diturunkan, aksi massa masih berlanjut di gerbang Kantor Wali Kota Pekanbaru. Mereka tak akan bubar, sebelum diperkenankan bertemu Firdaus MT.

Tampak puluhan anggota Satpol PP Pekanbaru dikerahkan berjaga-jaga, dengan dibantu personil Sabhara Polresta Pekanbaru. Terlihat pula Kasatpol PP, Zulfahmi Adrian berusaha meredam puluhan pendemo tersebut. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww