Minggu (5/6/2016) Pukul 16.30 WIB, Pengelola Alam Mayang Ajak Warga Pekanbaru Sambut Ramadan dengan Tradisi Petang Megang

Minggu (5/6/2016) Pukul 16.30 WIB, Pengelola Alam Mayang Ajak Warga Pekanbaru Sambut Ramadan dengan Tradisi Petang Megang

Tempat pelaksanaan Petang Megang di Alam Mayang.

Sabtu, 04 Juni 2016 23:28 WIB
Mukhlis Wijaya
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Petang Megang menyambut bulan Ramadan, merupakan sesuatu tradisi yang dilakukan masyarakat Riau pada umumnya. Petang megang ini bermacam cara dilakukan, seperti di pingiran sungai, danau dan tempat madi umum lainnya. Kemudian, Petang Megang juga kebanyakan orang mengisinya dengan berbagai kegitan ataupun perlombaan ketangkasan, dengan tujuan agar terjalin hubungan silaturahmi menjadikan suasana menjadi meriah.

Di Taman Hiburan Alam Mayang Pekanbaru, setiap Petang Megang pada tahun-tahun sebelumnya digelar aneka kegiatan seperti menangkap bebek dalam kolam, hiburan rakyat, berbagai sesama kaum duafa dan anak yatim lalu ditutup doa bersama sesama karyawan atau pekerja.

"Ya ini sudah menjadi tradisi kami setiap melakukan Petang Megang saat menyambut datangnya bulan suci Ramadan," kata Riyono Gede Trisoko, saat berbincang-bincang dengan potretnews.com, Sabtu (4/6/2016) di sela-sela kesibukan mempersiapkan acara tersebut.

Riyono menyebut Petang Megang di Alam Mayang terbuka untuk umum maupun pengunjung Alam Mayang. Sedangkan waktu pelaksanaannya tepat pada Minggu (5/6/2016) sore, dimulai pukul 16.30 WIB.

Usai acara, dilanjutkan pembagian sedekah kepada kaum duafa dan anak yatim, merupakan acara puncak petang megang yang dilaksanakan.

"Saya berharap kepada semua masyarakat Kota Pekanbaru, agar berbondong-bondong mengikuti acara ini. Makna terpenting kegiatan Petang Megang ialah indahnya menyambut puasa Ramadan bersama kaum duafa dan anak yatim," ujarnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum, Peristiwa
wwwwww