Afrizal Bilang, Perjuangan Pembentukan Kabupaten Rokan Tengah Sejak 2007

Selasa, 10 Mei 2016 22:35 WIB
Advertorial
afrizal-bilang-perjuangan-pembentukan-kabupaten-rokan-tengah-sejak-2007Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir Afrizal.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau Afrizal menegaskan, jika rekomendasi dari Bupati Suyatno dan DPRD sudah diterima, maka berkas untuk pembentukan Kabupaten Rokan Tengah segera dikirim ke provinsi dan pusat. Pasca-musyawarah besar (Mubes) yang digelar pada 7 Mei 2016 di Sintong, pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Rokan Tengah dari Kabupaten Rokan Hilir, kini pihak BPK dari lima kecamatan, masih menyiapkan berkas untuk diserahkan ke DPRD dan Bupati Rohil untuk diterbitkan rekomendasi.

Jika sudah diterima surat rekomendasi tersebut, DPRD akan melanjutkannya ke provinsi dan pusat. Selambat lambatnya berkas tersebut bulan Juni ini sudah masuk ke DPR RI. Menurut Afizal, sudah ada lima puluh persen dukungan dari BPK hanya saja masih ada lima puluh persen dukungan lagi dari BPK, dan ormas serta lembaga kerapatan adat.

Afrizal juga menjelaskan, dalam undang- undang, hasil mubes tersebut jika tidak diparipurnakan sebenarnya tidak ada masalah, jika diterbitkan rekombendasi dari bupati dan dari pimpinan dewan serta jajaran dewan yang mendukung.

Sebenarnya Rokan Tengah ini sudah digaungkan sejak tahun 2007 lalu, dan ini bukan ada unsur politik, hanya saja untuk memperpendek rentang kendali, mempermudah serta pemerataan pembangunan. (adv/dewan/jaka)

wwwwww