PotretNews.com Minggu 31 Mei 2020
Home >  Berita >  Inhil

Ekspresi Wardan Menjenguk Bocah Penderita Gizi Buruk

Jum'at, 22 April 2016 15:12 WIB
Advertorial
ekspresi-wardan-menjenguk-bocah-penderita-gizi-buruk Bupati Indragiri Hilir saat menjenguk M Rafi penderita gizi buruk.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan didampingi sejumlah pejabat menjenguk M Rafi, bocah malang dari Desa Teritipbakau Lurus Kecamatan Kateman yang saat ini dirawat di RSUD Puri Husada Tembilahan karena menderita gizi buruk, Rabu (20/4/2016). Dalam kesempatan itu, HM Wardan melihat langsung kondisi Rafi dan bercakap-cakap dengan ibunya, lalu memberikan santunan. "Semoga Rafi bisa cepat sehat ya bu…," kata Wardan ketika itu.

Kepada awak media, HM Wardan mengatakan Rafi merupakan salah satu penderita gizi buruk yang sudah berada dalam penanganan Dinas Kesehatan.

"Saya sudah menginstruksikan kepada Diskes untuk melakukan sweeping atau melakukan pendataan anak-anak yang terkena gizi buruk. Rafi ini merupakan salah satunya. Karena keadaannya cukup parah, jadi di bawa ke Tembilahan," tutur Wardan yang ekspresi wajahnya terlihat prihatin.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, ada pengurangan yang sangat signifikan dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu sampai 60 kasus penderita gizi buruk di Inhil, sedangkan tahun ini hanya ada 21 kasus. "Dan itu pun sudah ada yang melakukan perbaikan pada intinya sudah ditangani," katanya.

Maka dari itu, Wardan mengatakan telah menginstruksikan Diskes Inhil untuk mengambil tindakan cepat jika menemukan penderita gizi buruk. "Jadi diharapkan dengan melakukan sweeping ini tidak ada lagi terdapat kasus gizi buruk yang tidak tertangani," sebutnya.

Kepada masyarakat, HM Wardan mengimbau kepada seluruh masyarakat Indragiri Hilir kalau menemukan balita kurang gizi segera melaporkan kepada pihak kesehatan.

"Sosialisasi penangan gizi buruk ini selalu dilakukan serta pemaksimalan puskesmas, pustu (puskesmas pembantu) dan lainnya juga terus ditingkatkan agar penderita gizi buruk bisa dirawat secepatnya di layanan kesehatan terdekat. Semua pembiayaan ditanggung kartu jamkesda," ujarnya. (adv/pemkab/suf)

       
        Loading...    
           
Kategori : Inhil, Umum, Pemerintahan
Loading...
www www