PotretNews.com Kamis 17 Oktober 2019
Home > Berita > Riau

Populasi Harimau di Alam Liar Naik, di Riau Hanya Tersisa 192 Ekor

Populasi Harimau di Alam Liar Naik, di Riau Hanya Tersisa 192 Ekor

Para ahli konservasi mengatakan jumlah harimau yang hidup di alam liar meningkat. (foto: wikipedia.org/pr)

Selasa, 12 April 2016 14:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com- Para ahli konservasi mengatakan jumlah harimau yang hidup di alam liar meningkat untuk pertama kalinya setelah puluhan tahun mengalami penurunan.Data perkiraan terbaru WWF dan Global Tiger Forum mengisyaratkan terdapat hampir 3.900 ekor harimau di dunia. Ini berarti peningkatan sebesar tujuh ratus ekor dibandingkan data enam tahun lalu.

Data penelitian menunjukkan peningkatan populasi harimau di India, Rusia, Nepal dan Bhutan. Ahli konservasi menginginkan jumlah harimau di alam meningkat dua kalinya pada tahun 2020.

Populasi harimau dunia menurun selama beberapa puluh tahun belakangan karena perburuan dan kehilangan habitat.

Ads
Sementara itu, menurut International Union for the Conservation of Nature (IUCN), nasib harimau sumatera kini berada di ujung tanduk, sehingga badan ini mengkategorikannya sebagai spesies yang sangat terancam punah.

Jumlahnya diperkirakan hanya ada 300-400 ekor di alam liar, dengan sekitar 200-250 ekor berada di kebun binatang di seluruh dunia.

Di Sumatera khususnya di Riau, populasinya diperkirakan hanya tersisa 192 ekor saja pada 2007, kata World Wild Fund (WWF).***

Editor:
Farid Mansyur

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum, Lingkungan
Sumber:Pikiran-rakyat.com
       
        Loading...    
           
wwwwww