Pemalsuan KTP dan Surat Pindah Ditemukan di Pelalawan, Digunakan untuk Melamar Pekerjaan

Pemalsuan KTP dan Surat Pindah Ditemukan di Pelalawan, Digunakan untuk Melamar Pekerjaan

Ilustrasi/Dokumen kependudukan palsu.

Rabu, 23 Maret 2016 06:16 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Kasus pemalsuan dokumen kependudukan yang mulai marak ditemukan di Kabupaten Pelalawan, Riau, ternyata digunakan untuk meraup keuntungan sendiri bagi yang bersangkutan. Itu dilakukan agar mendapat legalitas dan tercatat sebagai warga Pelalawan. Kepala Disdukcapil Pelalawan Syafruddin, belum lama ini mengungkapkan, dokumen yang dipalsukan seperti KK, KTP, hingga surat pindah. Oknum warga yang memalsukan dokumen itu biasa digunakan untuk mencari pekerjaan di Pelalawan. Pekerjaan di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah atau instansi vertikal lain seperti kepolisian dan lain-lain.

"Mereka buat gitu, supaya bisa memasukan lamaran pekerjaan di perusahaan atau penerimaan pengawai honor dan sejenisnya. Mungkin mereka bisa mengelabui panitia, tapi mereka tak bisa menipu kita," ujar Syafruddin.

Mantan Kepala Disnakertrans ini mengimbau seluruh instansi pemerintah, instansi vertikal, serta swasta agar melibatkan pihaknya, jika ada penerimaan karyawan atau pegawai. Untuk memeriksa kelengkapan berkas, khususnya dokumen kependudukan. ***

(Mukhlis)
Kategori : Pelalawan, Umum
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww