Jelang Tengah Malam, Kadiskes Inhu Jenguk Korban Keracunan Massal di Pangkalankasai dan Pastikan Persediaan Obat di Puskesmas Cukup

Jelang Tengah Malam, Kadiskes Inhu Jenguk Korban Keracunan Massal di Pangkalankasai dan Pastikan Persediaan Obat di Puskesmas Cukup

Didampingi istri dan KUPT Puskesmas, Kadiskes Inhu menjenguk korban keracunan massal.

Jum'at, 04 Maret 2016 02:07 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Kendati tidak jam dinas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, H Suhardi menjenguk dan melihat langsung kondisi puluhan korban keracunan makanan di Puskesmas Pangkalankasai, Kecamatan Seberida. Dalam kunjungannya itu, Kadiskes Inhu datang tidak sendirian, melainkan didampingi istrinya Hj Wisma Happy yang juga merupakan Anggota DPRD Inhu dari Fraksi Partai Golkar.

"Begitu saya mendapat laporan dari KUPT Puskesmas bahwa ada puluhan warga Desa Buluhrampai yang diduga mengalami keracunan akibat makanan, saya bersama istri langsung datang ke sini untuk melihat kondisi mereka," ujar H Suhardi, Kamis (3/3/2016) malam itu.

Dia memastikan seluruh korban sudah diberikan pertolongan medis. Dan sejauh ini, persediaan obat di puskesmas masih cukup untuk beberapa hari ke depan. "Untuk penanganan awal, persediaan obat kita masih tersedia," kata Sunardi.

Untuk mengetahui pasti penyebab keracunan itu, pihaknya sudah mengambil sampel, yakni berupa sisa makanan, bekas muntah korban dan tinja korban.

"Sampelnya sudah kita ambil, besok sampel itu akan kita kirimkan ke Labkeda (Laboratorium Kesehatan Daeah) Riau di Pekanbaru. Dan begitu sampel kita kirimkan, nantinya pihak labor tersebut juga akan turun ke Inhu untuk mengambil beberapa hal untuk penelitian mereka," terang Suhardi.

Dia berharap agar kondisi korban bisa cepat pulih sehingga tidak harus dirujuk. Sunardi beserta istri baru meninggalkan puskesmas sekira pukul 23.45 WIB, setelah mengunjungi setiap ruangan korban keracunan massal. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Peristiwa, Inhu
Sumber:GoRiau.com
wwwwww