Home > Berita > Riau

Jangan Abaikan Potensi Tenaga Kerja Lokal Bersertifikasi

Jangan Abaikan Potensi Tenaga Kerja Lokal Bersertifikasi

Ilustrasi/Tenaga kerja di sektor pariwisata.

Jum'at, 04 Maret 2016 07:28 WIB
Awi
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau diingatkan agar tidak lengah dalam memanfaatkan tenaga lokal di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Salah satu upaya konkret ialah dengan menjaga potensi sebaik mungkin. Ketua Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Lancang Kuning Nusantara (PKLN) Drs Riyono Gede Trisoko MM menyebut, dirinya menyampaikan hal itu bukan karena khawatir, tetapi sekadar pemikiran agar bersama-sama memanfaatkan potensi yang ada, ketimbang diambil pihak luar dan berpotensi diperdaya.

”Jika tidak disikapi, ini bisa menjadi ancaman serius,” kata Riyono menjawab potretnews.com, Kamis (3/3/2016) usai memberikan pemaparan Uji Kompetensi Sertifikasi di SMK Negeri 3 Pekanbaru.

Pada kesempatan itu dia juga membeberkan tenaga andal yang sudah bersertifikasi melalui LSP PLKN Riau, hingga tahun 2015 yakni sebanyak 2000 orang.

Dia optimis, dalam rangka mengwujudkan Visi Misi Riau 2020 tenaga bersertifikat itu bisa dihandalkan untuk persaingan global dengan negara berkembang lainnya. "Jika sertifikasi hak pekerja terpenuhi dengan baik, pembangunan Riau selaras dengan Visi Misi 2020 dan bisa memacu pertumbuhan ekonomi dengan cara mendatangkan investor," ujarnya. ***

(Mukhlis)
Kategori : Riau, Umum
wwwwww