Titik Panas Terdeteksi di Bengkalis, Meranti dan Pelalawan

Titik Panas Terdeteksi di Bengkalis, Meranti dan Pelalawan

Ilustrasi.

Rabu, 06 Januari 2016 13:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi keberadaan sejumlah titik panas di Provinsi Riau, Rabu (6/1/2016) pagi. Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin menyatakan bahwa titik panas Riau tersebar di tiga kabupaten. "Ada empat titik panas yang terpantau di tiga kabupaten yakni Bengkalis, Meranti dan dua titik di Pelalawan," ujar Sugarin.

Dia mengatakan secara keseluruhan terdapat tujuh titik panas di Sumatera. Selain empat titik di Riau, tiga titik lainnya tersebar di Sumatra Selatan dengan dua titik dan Sumatra Utara satu titik.

Dari seluruh titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan berada di bawah ambang kepercayaan 70 persen yang bermaksud bahwa titik panas tidak berarti berupa titik api. Dia mengatakan bahwa keberadaan titik panas patut diwaspadai lantaran Riau diprediksi segera memasuki musim kemarau pada Januari hingga Februari 2015.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan tidak bisa menjamin daerahnya bebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan yang secara rutin terjadi selama 18 tahun terakhir. Meski begitu, dia mengatakan bahwa saat ini pihaknya persiapan untuk pencegahan kebakaran hutan tetap jalan terus.

Terlebih lagi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika sudah memprediksikan bahwa Januari sudah mulai panas di Riau. Salah satu persiapan, lanjut dia, adalah dengan Peraturan Gubernur No 5 tahun 2015 tentang rencana aksi kebakaran hutan dan lahan untuk semua pemangku kepentingan. ***

(Akham Sophian)
Sumber:Republika.co.id
wwwwww