Home > Berita > Riau

Amankan Natal dan Tahun Baru, Mulai Besok Polda Riau Sebar 2.740 Personil

Amankan Natal dan Tahun Baru, Mulai Besok Polda Riau Sebar 2.740 Personil

Ilustrasi.

Selasa, 22 Desember 2015 07:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepolisian Daerah Riau mengerahkan 2.740 personil untuk pengamanan hari Natal dan tahun baru 2016. Penjagaan diperketat di seluruh rumah ibadah gereja dan pusat keramaian. "Pasukan akan disebar mulai tanggal 23 Desember 2015 di seluruh wilayah Riau," kata Kepala Polda Riau, Brigadir Jenderal Dolly Bambang Hermawan, seusai melakukan rapat koordinasi pengamanan Natal di Kantor Gubernur Riau, Senin, 21 Desember 2015.

Dolly mengatakan, dalam Operasi Lilin Tahun 2015 ini polisi meningkatkan kewaspadaan terutama rumah ibadah dari segala ancaman maupun teror. kepolisian telah melakukan pemetaan lokasi untuk menjamin keamanan masyarakat yang tengah merayakan Natal dan tahun baru 2015.

Polda Riau mencatat, setidaknya ada beberapa kerawanan yang patut diwaspadai saat perayaan Natal dan tahun baru yakni ancaman teror kelompok radikalisme, aksi bom maupun penembakan dengan sasaran kelompok: Mako Polri, petugas polisi, tempat ibadah.

"Lalu antisipasi kejahatan pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor dan bencana alam," ujarnya.

Pengamanan diperketat terutama di rumah ibadah dan pusat keramaian. Sebab Pekanbaru merupakan salah satu kota yang memiliki pengalaman buruk ketika bom meledak di Gereja HKBP pada malam Natal tahun 2000 silam.

"Kita belajar dari pengalaman," katanya.

Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan, pemerintah Riau telah melakukan rapat koordinasi pengamanan Natal dan tahun baru bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Secara umum kata Andi, seluruh SKPD melaporkan persiapan menghadapi Natal dan tahun baru berlangsung lancar. Baik dari sisi transportasi, sarana jalan dan keamanan.

Menurutnya, Dinas Bina Marga dan Perhubungan selalu siaga untuk kelancaran arus lalu lintas, mengantisipasi jalan yang rawan longsor dan titik jalan yang buka tutup di lintas timur mengigat Riau saat ini memasuki musim penghujan.

"Agar mobilisasi barang dan jasa, bahan pokok dan arus mudik Natal tidak terganggu," ujarnya. Andi meminta kepolisian memperketat pengamanan rumah ibadah.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:Tempo.co
wwwwww