Home > Berita > Riau

Ke Depan, Sagu akan Gantikan Beras di Riau

Ke Depan, Sagu akan Gantikan Beras di Riau

Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman, memberikan penghargaan kepada beberapa daerah yang sukses meningkatkan ketahanan pangan di Riau, pada peringatan Hari Pangan Sedunia, Kamis (10/12/2015).

Jum'at, 11 Desember 2015 06:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Provinsi Riau dalam beberapa tahun ke depan bakal menjadi penghasil terbesar komoditi pangan sagu di Indonesia. Hal ini dikarenakan meningkatnya produksi sagu di beberapa daerah di Riau. Sagu diprediksi akan  menggantikan beras sebagai bahan pokok pangan bagi masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Garjita Budi, saat menyampaikan sambutan pada acara Hari Ketahanan Pangan di gedung daerah Provinsi Riau, Kamis (10/12).

"Dengan gencarnya promosi pangan sagu di Provinsi Riau, ia mengharapkan ketergantungan terhadap beras nantinya bisa berkurang," ujarnya. Saat ini, untuk memenuhi gizi yang seimbang, menurutnya pemerintah daerah sudah semestinya mengembangkan pangan lokal. Karena komoditi sagu di Riau sangat bagus.

"Sesuai dengan tema peringatan Hari Pangan tahun ini, yakni mari membiasakan makanan yang beragam dan seimbang, dengan memanfaatkan hasil bumi sendiri untuk mencerdaskan anak bangsa.

"Sagu diharapkan dapat menjadi substitusi beras, ketergantungan terhadap beras bisa bergeser karena sagu ini kalau dikelola secara baik oleh pemerintah daerah, akan sangat bermanfaat," terangnya.

Sementara itu, Plt Gubri, Arsyadjuliandi Rachman mengakui Provinsi Riau saat ini belum mampu swasembada pangan. Namun demikian sebagai masyarakat Riau, ia bangga dengan panganan lokal asal Riau. Salah satunya komoditi sagu Riau yang terkenal.

"Memang Provinsi Riau belum bisa menjaga ketahanan pangan, karena untuk memenuhi kebutuhan pokok kita masih tergantung dari provinsi tetangga," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Andi, untuk memenuni kebutuhan pokok masyarakat , pihaknya baru mampu memenuhi sekitar 55 persen dari total kebutuhan pangan pokok seperti beras. "Selebihnya kita masih bergantung dari provinsi lain seperti Sumbar," ungkapnya.***

(Wawan setiawan)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:Analisadaily.com
wwwwww