Azan Subuh Berkumandang, Massa Kongres HMI Malah Baku Hantam di Jalan Sudirman, Polisi Lepas Tembakan Peringatan

Jum'at, 04 Desember 2015 05:35 WIB
azan-subuh-berkumandang-massa-kongres-hmi-malah-baku-hantam-di-jalan-sudirman-polisi-lepas-tembakanMassa Kongres HMI tawuran di Jalan Sudirman, Jumat subuh. (foto: goriau.com)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tak puas dengan tawuran massal di dalam ruang Gedung Gelanggang Remaja, ratusan massa kongres XXIX HMI kemudian melanjutkan tawuran di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Provinsi Riau. Massa juga terlibat saling lempar batu, hingga membuat polisi melepas lima kali tembakan peringatan.

Kerusuhan ini ternyata belum reda. Massa yang katanya dari Maluku dan Makassar ini justru melanjutkan aksi tawuran di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (4/12/2015) dinihari, persis saat adzan Subuh berkumandang. Mereka juga merusak fasilitas rambu jalan, untuk dijadikan senjata buat menyerang.

Kengerian ini, juga dirasakan para penjual jajanan yang mangkal di pinggir jalan, dekat arena kongres. Barang mereka sebagian berantakan. Para penjual tersebut terpaksa meninggalkannya, hanya untuk menyelamatkan diri dari hujan batu. Begitu juga dengan kendaraan polisi, nyaris saja jadi amukan kedua kubu itu.

Ratusan massa yang bentrok ini tidak bisa dilerai, sehingga polisi terpaksa melepas lima kali tembakan peringatan ke udara, untuk menghalau mereka. Meski demikian, peserta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini tetap saja tidak memperdulikan. Walhasil, polisi terpaksa mengambil tindakan tegas.

Polisi berbaris dan membentuk pagar hidup dan memukul mundur massa dari dua arah sekaligus. Aksi ini sempat mereka dengan tindakan kepolisian. Lebih mengerikannya lagi, pengguna jalan yang notabene warga Pekanbaru, seperti para penjual di pasar yang berangkat subuh, juga tampak ketakukan.

Mereka tak tahu harus berbuat apa, lantaran tanpa sengaja terkepung diantara kerumunan massa yang bertikai. Beruntung polisi cepat bertindak dan mengevakuasi mereka. Ruas Jalan Jenderal Sudirman tempat bentrokan terjadi penuh dengan batu, kayu dan potongan besi.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
Sumber:GoRiau.com
wwwwww