Home > Berita > Inhil

Ketua DPRD Inhil Jelaskan Hubungan Legislatif-Eksekutif kepada Kader HMI dari Berbagai Provinsi, Begini Paparannya

Selasa, 17 November 2015 20:26 WIB
Advertorial
ketua-dprd-inhil-jelaskan-hubungan-legislatifeksekutif-kepada-kader-hmi-dari-berbagai-provinsiKetua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Dani M Nursalam, menjadi narasumber Latihan Kader (LK) II atau Intermediate Training Tingkat Nasional di Tembilahan, Senin (16/11/2015) sore.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Latihan Kader (LK) II atau Intermediate Training Tingkat Nasional yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tembilahan menghadirkan Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, sebagai salah satu narasumber. Pada latihan kader yang digelar di Aula Hotel Telaga Puri Tembilahan tersebut, Dani M Nursalam selaku pimpinan DPRD Inhil diminta menguraikan peran lembaga legislatif dalam pembangunan daerah.

"Pada prinsipnya sesuai ketentuan yang ada, DPRD mempunyai tiga peran sentral dalam mitra eksekutif dalam pembangunan, yakni fungsi budgeting, fungsi kontrol dan fungsi legislasi, " paparnya, di hadapan kader HMI Senin (16/11/2015) sore.

Selain itu, Dani juga menjelaskan bagaimana kondisi terkini lembaga legislatif secara nasional, salah satunya hubungan kemitraan bersama eksekutif masih harus ditingkatkan guna mempercepat proses pembangunan.

Penyampaian Dani tersebut mendapat tanggapan serius dari para mahasiswa yang berasal dari banyak daerah di Indonesia, di antaranya dengan mempertanyakan bagaimana upaya dewan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat yang terus menurun.

Mendapatkan tanggapan beragam tersebut, Dani menjelaskan bahwa lembaga legislatif ke depan memang harus senantiasa memaksimalkan tiga fungsi utamanya dan harus lebih banyak waktu berdialog langsung dengan masyarakat.

"Kuncinya adalah memaksimalkan tiga tugas yang telah ditetapkan undang undang, selain itu tentu saja dengan selalu ada di tengah masyarakat dan berbuat maksimal dalam merealisasikan aspirasi masyarakat tersebut, " ujarnya. (adv/dewan/suf)

Kategori : Inhil, Politik
wwwwww