Home > Berita > Rohil

Bupati Rohil: Dana Panwas Sudah Kami Cairkan, Bekerjalah Sesuai Undang-undang...

Bupati Rohil: Dana Panwas Sudah Kami Cairkan, Bekerjalah Sesuai Undang-undang...

Ilustrasi dana Panwas.

Selasa, 10 November 2015 21:26 WIB
Darman
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Selasa (10/11/2015) menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah tahun 2015 di Bagansiapiapi, Selasa (10/11/2015). Turut hadir, Bupati Rohil diwakili Asisten I Bidang Pemerintahaan H Rusli Sarief, Komisioner Bawaslu RI Divisi Bidang Organisasi dan SDM Endang Wihdaningtiyas, Bawaslu Riau, KPU, dan berbagai unsur.

Asisten I Bidang Pemerintah Rohil H Rusli Sarief mengingatkan peran Panwaslu sebagai wasit pada perhelatan demokrasi. Oleh sebab itu, dia mengimbau agar bertindak adil dan jujur Pilkada 9 Desember mendatang.

Untuk alokasi dana, kata dia, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sudah mencairkan dana kepada Panwaslu, agar lembaga pengawas itu bisa bekerja sesuai dengan amanat UU.

"Sikap kita sama dengan masyarakat, agar pelaksanaan pilkada serentak bisa berlangsung aman, lancar, tidak ada masalah di kemudian hari serta tidak ada keributan-keributan," sebut asisten I.

Komisioner Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas SH berpendapat, sosialisasi ini walapun sederhana tetapi sangat besar manfaatnya. Dari forum itu diharapkan seluruh stakeholder dari penyelengara pemilu akan faham, bagaimana bersikap sesuai dengan fungsi, peran dan porsi masing-masing.

Bawaslu, kata Endang, sudah menjadikan SOP (standard operating procedure) di seluruh penyelengara khususnya Pengawas Pemilu, supaya tidak salah pada saat melaporkan dan juga tempat mengawal.

Untuk Pengawas TPS, ruang lingkupnya hanya di TPS saja, dengan masa kerja kurang lebih satu bulan, utamanya pada saat pemilihan di 9 Desember tersebut.

Sebelumnya, Panwaslu Rohil Jaka Abdillah SAg mengharapkan kawan-kawan partai poltik dan masyarakat dapat memahami fungsi Panwas dalam penyelengara pemilu ini. ***

(Akham Sophian)
wwwwww