Home > Berita > Umum

Alhamdulillah... Sampai Pekan Depan Diprediksi Hujan Lebat Terus-terusan Guyur Sumatera dan Kalimantan

Alhamdulillah... Sampai Pekan Depan Diprediksi Hujan Lebat Terus-terusan Guyur Sumatera dan Kalimantan

ilustrasi

Kamis, 29 Oktober 2015 10:03 WIB
.
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Tanda-tanda akan berakhirnya kabut asap tampaknya mulai menunjukkan titik terang. Dua hari belakangan hujan mulai mengguyur daerah yang dilanda kabut asap. Bahkan sampai sepekan ke depan hujan diprediksi juga masih akan mengucur cukup lebat. “Hujan mulai turun di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan pada Selasa (27/10) dan hari Rabu (28/10). Masyarakat pun menyambut suka cita dan mengucapkan puji syukur setelah 2 bulan lebih disandera asap,” Kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya, Rabu (28/10).

Tercatat hujan turun dengan intensitas ringan-sedang-lebat sejak Selasa hingga Rabu di Riau (Pekanbaru, Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Siak, Tembilahan, Dumai), Jambi (Kota Jambi, Kuala Tungkal, Berbak, Telanai, Tanjung Jabung Timur), Kalsel (Tanah Bumbu, Banjar, Kotabaru), Kalteng (Palangkaraya), Kaltim ( Samarinda, Berau).

“Hujan menyebabkan kepekatan asap berkurang, udara segar, dan jarak pandang menjauh,” ucapnya.

Hujan telah menyebabkan jarak pandang dan cuaca membaik. Di Padang jarak pandang 1.000 m berasap, Pekanbaru 1.200 m berasap, Jambi 1.700 m berasap, Palembang 2.000 m berasap. Sedangkan jarak pandang di Pontianak 10.000 m berawan, Ketapang 500 m guntur, Palangkaraya 600 m berasap, Banjarmasin 8.000 m cerah berawan.

Begitu juga indeks kualitas udara (PM10) juga membaik. Jika sebelumnya Riau, Jambi dan Palangkaraya selalu level berbahaya.

“BMKG memprediksikan seminggu ke depan akan banyak hujan di Sumatera dan Kalimantan. Awan tersedia cukup banyak sehingga hujan buatan akan diintensifikan,” tandas Sutopo.
(***)
Kategori : Umum, Lingkungan
Sumber:fajar.co.id
wwwwww