Home > Berita > Riau

Kabut Asap Lumpuhkan Bandara Pekanbaru, Pejabat Kemendagri Batal Memberi Pembekalan kepada Aktivis Ormas dan LSM di Riau

Kabut Asap Lumpuhkan Bandara Pekanbaru, Pejabat Kemendagri Batal Memberi Pembekalan kepada Aktivis Ormas dan LSM di Riau

Ilustrasi kabut asap di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Jum'at, 23 Oktober 2015 10:05 WIB
Mukhlis
PEKANBARU, POTRETNEWS.com- Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolimas) Provinsi Riau, mengadakan sosialisasi pembinaan ormas, LSM dan lembaga nirlaba.
Kegiatan berdurasi dua hari yang menjadi gawean bidang ketahanan budaya agama dan kemasyarakatan itu, dimulai sejak Kamis (22/10/2015) bertempat di Aula Serbaguna Kesbangpolimas.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Riau Adi Basuki diwakili Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi Budaya Agama dan Kemasyarakatan Hermansyah SE dalam sambutan sebelum membuka acara mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua ormas, LSM dan lembaga nirlaba tentang kedudukan dan fungsionalnya secara keseluruhan, sesuai undang-undang.

Sementara, di sela-sela acara, Kepala Sub Bidang Ketahanan Budaya Agama dan Kemasyarakatan Kesbangpolinmas Riau, RI Edasa, khusus kepada potretnews.com menyebut, sosialisasi yang diikuti 50 peserta sebagai wujud kemitraan antara pemerintah dengan ormas, LSM dan lembaga nirlaba.

”Sosialisasi ini salah satu bentuk pembekalan kepada rekan-rekan ormas, LSM dan lembaga nirlaba agar memahami fungsinya secara utuhm,” kata Edas.

Dengan begitu, imbuh Edas, para pengurus atau aktivis organisasi dan lembaga tersebut mampu menjadi pelopor sekaligus penyampai aspirasi masyarakat. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan di dua wilayah yakni Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

"Pada pekan ketiga ini, giliran provinsi melakukan pembinaan dan pembekalan secara keseluruhan. Kita berharap pembekalan ini berdaya guna bagi rekan-rekan ormas dan LSM dalam menjalankan tugas pokok penyalur aspirasi masyatakat," ujar Edas.

Pada bagian lain dia mengatakan, seharusnya salah satu narasumber yang memberi pembekalan adalah Direktur Organisasi Kemasyarakatan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Aswin Nasution SH MH. Namun karena Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru lumpuh total akibat kabut asap, membuat sang direktur membatalkan keberangkatannya ke Riau. ***

(M Yamin Indra)
wwwwww