Home > Berita > Inhil

Jokowi Dikabarkan akan Kunjungi Inhil Jumat Pagi Ini, Para Pejabat Riau Dibikin Sibuk

Jokowi Dikabarkan akan Kunjungi Inhil Jumat Pagi Ini, Para Pejabat Riau Dibikin Sibuk

Jokowi saat meninjau kebakaran lahan di Sumsel beberapa waktu lalu.

Jum'at, 25 September 2015 11:03 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sempat dibuat sibuk mengecek persiapan menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo untuk meninjau kebakaran lahan dan hutan di Selensen, Indragiri Hilir. Namun, hingga Kamis (24/9/2015) malam, rencana kedatangan Jokowi belum dapat dipastikan. Bahkan Kepala Biro Humas Pemprov Riau Darusman menyatakan kunjungan Jokowi batal. Ia menjelaskan, usai kunjungannya di Kalimantan Tengah, Jokowi dan rombongan langsung ke Jakarta. “Kabar terakhir Pak Jokowi sudah di Jakarta. Batal pergi ke Inhil,” ujar Darusman tadi malam.

Padahal sebelumnya Jokowi dijadwalkan bertolak ke Jambi dan menyempatkan diri berkunjung ke Selensen, Kecamatan Kemuning, Indragiri Hilir (Inhil), hari ini (Jumat, 25/9). Tak pelak lagi, Pemkab Inhil pun menyiapkan segala sesuatunya. Begitu juga dengan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.“Informasinya Pak Presiden berkunjung (ke Riau), tapi hanya ke Selensen,” ujar pria yang akrab disapa Andi Rachman itu saat menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung Annur Pekanbaru, Kamis pagi.

Usai acara di Masjid Agung Annur, Andi Rachman bersama unsur pimpinan daerah seperti Kapolda dan Danrem langsung terbang ke Inhil dengan helikopter. Bersama Bupati Inhil HM Wardan, mereka meninjau lahan perkebunan sawit sekitar 800 hektare yang terbakar di Desa Lubuk Besar, Kecamatan Kemuning.

Di Tembilahan, informasi rencana kedatangan Jokowi disampaikan Bupati HM Wardan usai shalat Idul Adha, Kamis pagi. “Iya, besok rencananya Pak Presiden berkunjung ke Inhil. Informasinya Pak Presiden shalat Jumat di Selensen, Kecamatan Kemuning," kata Wardan kepada wartawan.

Bupati HM Wardan bersama rombongan pejabat kemudian bertolak ke Selensen, beberapa jam perjalanan darat dari Tembilahan.
Kapolres Inhil AKBP Hadi Wicaksono pun mengaku sudah mengerahkan seluruh personilnya untuk melakukan pengamanan kedatangan presiden.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan meminta bantuan dari Brimobda Polda Riau dan Polres Inhil," kata dia. Informasi dari Humas Pemkab Inhil, Presiden Jokowi akan tiba di Selensen, Jumat sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah makan siang dan shalat Jumat, ia dijadawalkan akan melihat lahan terbakar di sana.

Sebelum ke Inhil, Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman sempat singgah sebentar di Bandara Japura, Kecamatan Lirik, Indragiri Hulu. “Kedatangan gubernur untuk melakukan pengecekan posko penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di Bandara Japura, sekaligus mengecek persiapan untuk kedatangan Presiden Jokowi," ucap Kabag Humas Setdakab Inhu, Jawalter.

Ia menambahkan, rombongan Plt Gubri disambut oleh Pj Bupati Inhu Kasiarudin. "Dalam kunjungan tersebut Plt Gubri mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan, dan tidak melakukan pembakaran lahan yang dapat memicu munculnya kabut asap," paparnya. Usai mengecek posko penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di Bandara Japura, rombongan Plt Gubernur Riau terbang menuju Selensen, Inhil, dengan menggunakan dua helikopter.

(***)
Kategori : Inhil, Peristiwa
Sumber:tribunnews.com
wwwwww