Home > Berita > Rohil

Akibat Kabut Asap, Transaksi Jual Beli di Pasar Kopar Rohil Lesu

Akibat Kabut Asap, Transaksi Jual Beli di Pasar Kopar Rohil Lesu

Akibat kabut asap, ativitas di Pasar Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, lesu. (foto: potretnews.com/jaka abdillah)

Minggu, 13 September 2015 10:57 WIB
Jaka Abdillah
RANTAUKOPAR, POTRETNEWS.com – Transaksi jual beli konsumen di pasar tradisional Kecamatan Rantaukopar, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, menurun drastis, salah satu pemicunya disebabkan bencana kabut asap. Salah seorang pedagang sayur, A Hutagalung, Sabtu (12/9/2015), mengatakan dalam dua pekan terakhir daya beli konsumen menurun, lantaran tebalnya kabut asap membuat masyarakat malas beraktivitas di luar rumah.

"Iya pengaruh juga kabut asap ini pak, jadi buat masyarakat enggan keluar rumah. Kira-kira menurun sampai 40 an persen lah. Mereka lebih memilih beraktivitas di rumah saja," tuturnya.

Sementara itu Camat Rantaukopar Ramlan mengatakan, efek kabut asap, menurutnya sangat besar mempengaruhi bermacam mata pencaharian masyarakat, seperti nelayan, pedagang, petani, pekebun dan lainya.

”Kalau biasanya pedagang dari luar dan lokal banyak yang datang berjualan, kini karena kabut asap pedagang lebih memilih berjualan di tempat lain. Akibatnya pembeli di pasar tradisonal kecamatan Rantau Kopar, terlihat sepi penghuni pembeli," kata dia.

Pada bagian lain, Camat Rantaukopar mengimbau anak-anak kalau tidak ada kepentingan di luar, jangan keluar di rumah. Karena pengharuh asap tidak baik untuk kesehatan.

(M Yamin Indra)
Kategori : Rohil, Umum, Lingkungan
wwwwww