PotretNews.com Jum'at 19 Oktober 2018

Berburu Tiket Pesawat Murah Demi Menyaksikan Pesona Wisata di Sekitar Danau Kelimutu

Berburu Tiket Pesawat Murah Demi Menyaksikan Pesona Wisata di Sekitar Danau Kelimutu

sumber: pesona.indonesia.travel (Him Saifanah)

Jum'at, 26 Januari 2018 14:55 WIB
Nusa Tenggara Timur boleh saja punya pulau-pulau cantik atau Taman Nasional Komodo sebagai salah satu aset wisatanya. Namun, jangan lupakan pula sebuah tempat wisata bernama Danau Kelimutu yang terletak di Pulau Flores.Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Kelimutu adalah bulan Juli dan Agustus, Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mencari tiket murah pesawat yang akan terbang menguju Kupang, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Flores untuk menyaksikan keindahan Danau Kelimutu.

Dari Kupang menuju Flores pun saat ini tersedia banyak tiket murah pesawat-pesawat dengan ukuran kecil yang melayani jalur ini. Agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau, kita bisa memilih paket perjalanan dari Jakarta menuju Kupang, dan dilanjutkan menuju Flores melalui layanan Travel Online.

Setelah sampai di Flores, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Danau Kelimutu atau dikenal juga dengan sebutan Danau Tiga Warna yang dapat berubah sesuai dengan kondisi alam di sekitar danau.

Ads
Misteri dan Mitos Danau Kelimutu

Secara ilmiah pergantian warna pada Danau Kelimutu disebabkan oleh gas gunung api serta zat besi dalam fluida yang mampu menghasilkan warna merah dan cokelat tua.

Sementara itu, warna hijau pada danau disebabkan karena kehadiran lumut-lumut yang berada di dalam danau serta erosi pada dinding danau juga disebut ikut memengaruhi perubahan warna.

Danau Kelimutu ternyata punya misteri dan mitos sendiri, setidaknya ini menurut masyarakat sekitar. Danau dengan warna air berwarna merah disebut sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang pernah melakukan kejahatan di masa lalu.

Sementara itu, danau berwarna putih atau merupakan tempat jiwa -jiwa bagi para leluhur masyarakat di masa lalu.

Terlepas dari penjelasan ilmiah serta misteri dan mitos Danau Kelimutu, tetap saja pesona alam yang dihadirkan tempat wisata ini tidak akan terbantahkan.

Hal ini terjadi karena di sekitar Danau Kelimutu terdapat beberapa kegiatan wisata yang memancarkan suasana baru bagi siapa saja yang datang ke tempat ini ini.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26012018/potretnewscom_jksrm_1166.jpg
sumber: pesona.indonesia.travel (Him Saifanah)

Seperti apa pesona wisata yang hadir di sekitar Danau Kelimutu?

1. Menikmati sunrise yang menakjubkan

Letaknya yang berada di puncak gunung Kelimutu, menjadikan Danau Kelimutu menjadi salah satu tempat untuk menunggu sunrise atau matahari terbit yang menakjubkan.

Makanya tidak jarang banyak orang yang datang sedari subuh untuk menikmati sunrise di sekitar Danau Kelimutu.

Jadi, bagi kita yang berencana untuk liburan di sekitar Danau Kelimutu, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati pesona sunrise di sekitar puncak gunungnya ya.

2. Perjalanan menelusuri terbing ditemani satwa-satwa liar

Satu hal yang mesti diketahui oleh para wisatawan saat berkunjung ke Danau Kelimutu adalah karena perjalanan menuju tempat ini memerlukan nyali yang besar.

Di sini kita harus melewati berbagai macam tebing yang curam dan sangat tinggi. Sesekali dan jika beruntung kita akan bertemu dengan satwa liar seperti monyet.

Namun tenang saja, satwa-satwa ini tidak akan mengaggu asalkan kita juga tidak bertingkah merusak atau menganggu habitat mereka.

3. Pati ka festival memberi makan leluhur

Bagi wisatawan yang memesan tiket murah pesawat penerbangan menuju Flores di bulan Agustus, disarankan untuk berlama-lama di tempat ini. Sebab, pada tanggal 14 Agustus, terdapat sebuah festival budaya masyarakat yang bernama Pati Ka.

Festival ini bermakna "memberi makan" pada leluhur yang tinggal di sekitar Danau Kelimutu. Prosesi pemberian makan ini sangat sakral bagi masyarakat, dan beberapa wisatawan pun hanya akan bisa melihat dari kejauhan.

Prosesi ini biasanya dimulai dengan tarian adat yang dipimpin oleh ketua adat. Setelah selesai, barulah prosesi pemberian sesajian dilakukan.

Namun, setidaknya kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kebudayaan masyarakat di sekitar Danau Kelimutu yagn masih dipegang teguh hingga kini di zaman yang serba modern. ***

Kategori : Wisata
wwwwww