Menyambangi Pusat Jajanan Legendaris Jalan Sam Ratulangi Pekanbaru

Menyambangi Pusat Jajanan Legendaris Jalan Sam Ratulangi Pekanbaru

Jajanan di Jalan Sam Ratulangi Pekanbaru.

Jum'at, 08 Januari 2016 00:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bingung di mana mau berburu jajanan sore di Pekanbaru? Pusat jajanan yang ada di Jalan Sam Ratulangi mungkin bisa menjadi pilihan. Beragam jajanan enak bisa ditemukan di tempat ini. Sejak dulu, Jalan Sam Ratulangi, sudah dikenal sebagai salah satu pusat jajanan di Pekanbaru. Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota. Banyak sekali pedagang dengan motif gerobak yang seragam berjualan kudapan di jalan ini. Mereka menjual jajanan tradisional.

Mulai dari aneka gorengan, martabak manis, kue pukis, aneka kue basah, hingga kerupuk kuah dan kerupuk jengkol. Belasan gerobak pedagang ini berjejer rapi di sisi kiri mulai dari simpang memasuki Jalan Sam Ratulangi hingga ke ujung jalan.

Salah satu pedagang martabak yang ditemui tripriau.com, Romi Aldianto, mengatakan bahwa pedagang di Jalan Sam Ratulangi ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

Meski menggunakan badan jalan sebagai tempat jualan, tapi para pedagang ini tidak pernah mendapat teguran dari Satpol PP atau petugas terkait lainnya.

Konon, kata Romi, tempat mereka jualan sudah diatur oleh pemerintah. "Dari info yang saya tau, dulu pada zaman Wali Kota kita Herman Abdullah, tempat ini sudah diatur. Nama-nama pedagang yang pertama jualan di sini dulu sudah ada namanya di Pemerintah Kota Pekanbaru,” katanya seperti dikutip potretnews.com.

Pedagang di Jalan Sam Ratulangi ini biasanya mulai berjualan pada pukul 12 siang hingga pukul 2 dini hari setiap harinya, kecuali pada hari-hari besar nasional.

"Paling ramai orang yang beli itu malam minggu sekitar jam setengah delapan malam. Pembeli jajanan di sini juga bukan masyarakat lokal saja, tapi juga sudah sampai manca negara,” pungkas Romi.

Jalan Sam Ratulangi ini bisa diakses dari Jalan Sudirman, menuju arah pelita pantai. Jaraknya cuma beberapa ratus meter dari pusat perbelanjaan Ramayana atau sebelum Pasar Buah Pekanbaru. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Wisata
wwwwww