PotretNews.com Rabu 21 November 2018

Candi Muara Takus, Sisa Kejayaan Sriwijaya di Riau

Candi Muara Takus, Sisa Kejayaan Sriwijaya di Riau

Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, Riau.

Rabu, 04 November 2015 07:39 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Selain Jambi, Candi Muara Takus juga terdapat di Riau. Inilah salah satu dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Traveler yang penasaran bisa datang untuk melihatnya dari dekat. Bangunan batu bata merahnya menggagumkan.Candi Muara Takus, mungkin kita pernah mendengarnya waktu pelajaran sejarah di zaman sekolah. Buat saya, Candi Muara Takus sudah tidak asing lagi namanya, karena saya tinggal dan besar di Palembang.

Mungkin, pelajar sekarang tidak tahu atau bahkan tidak pernah mendengar akan candi ini, seiring perkembangan zaman yang sudah semakin modern saat ini.

Awalnya, sejak pindah di Pekanbaru saya menjadi bingung tentang objek wisata di sini. Searching-searching di google ada tulisan Candi Muara Takus yang terletak di Riau.

Ads
Saya sempat bingung, setahu saya sejak zaman SD saya tahunya Candi Muara Takus itu di Jambi. Sejak saat itu, timbul niatan ingin ke Candi Muara Takus (mumpung sekarang lagi di Riau).

Perjalanan pun dimulai, berangkat subuh pukul 5 pagi dengan menggunakan motor. Berangkat subuh supaya tidak macet, soalnya jalan menuju Muara Takus itu jalan lintas menuju Padang kalau dari Pekanbaru.

Kurang lebih 2 jam perjalanan dari Pekanbaru, sampai juga di Muara Takus dengan bermodalkan papan plang jalan dan bertanya ke warga sekitar, dan tentunya petugas pom bensin.

Sebagai orang Palembang, saya merasa bangga bisa menginjakkan kaki di candi ini. Bagaimana pun, ini adalah salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang. Meski agak telat baru bisa ke sini, saya tetap bersyukur.

Ya, itulah Candi Muara Takus. Dengan bangunan bata merahnya yang mengagumkan. Saya beruntung pernah menginjakkan kaki di sana.

Buat anak muda di Indonesia, jangan pernah lupa sejarah. Ingat, Sriwijaya pernah menyatukan Nusantara dan mencaplok wilayah negara lain. Saat ini tugas kita cuma mempertahankan NKRI. Bagaimana caranya? Tiap orang pasti punya cara yang berbeda-beda. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Detik.com
wwwwww