Maknyus! Roti Ganda Khas Pematangsiantar Bikin Ketagihan

Maknyus! Roti Ganda Khas Pematangsiantar Bikin Ketagihan

Inilah roti ganda yang lezatnya legendaris itu (foto: detikTravel)

Selasa, 27 Oktober 2015 16:27 WIB
PEMATANGSIANTAR, POTRETNEWS.com- Saat liburan ke Medan dan kebetulan ke kota tetangganya yaitu Pematangsiantar, jangan lupa membeli makanan khas yang satu ini. Roti ganda namanya. Isinya sederhana, tapi rasanya luar biasa! Satu lagi kuliner legendaris di Kota Pematangsiantar, Sumut, yang tidak boleh dilewatkan. Yang dijual hanya roti, selai srikaya, krim putih, dan meses coklat. Roti jenis ini berbentuk loaf dan lumayan besar untuk mengisi perut yang keroncongan usai keliling Kota Siantar.

Nah, yang menjadi favorit pengunjung adalah selai srikaya maupun meses coklatnya. Cobalah untuk menyicip roti meses coklat di tempat, dan roti rasa srikaya untuk dibawa pulang. Rasanya maknyus dan pastinya akan membuat Anda ketagihan.

Padahal roti tawar berukuran besar tersebut hanya dipotong dua bagian. Di tengahnya, diolesi selai yang dipesan. Setelahnya, roti dipotong-potong menjadi beberapa bagian lalu dibungkus dengan kertas.

Di sana, tak hanya roti saja yang dijual, tapi ada juga selai srikaya, dan krim putih. Untuk yang seukuran gelas air mineral dihargai Rp 9 ribu. Sedangkan ukuran setengah kilo Rp 25 ribu, dan satu kilo Rp 40 ribu. Tinggal pilih mana yang ingin dibeli.

Menurut Anita, karyawan Toko Roti Ganda, para pengunjung biasanya membeli selai srikaya yang ukuran setengah kilo dalam kemasan praktis dan aman disimpan ke dalam kabin pesawat.

"Tapi ada juga yang beli sekilo. Ini aman di pesawat dan kuat sampai satu minggu, kalau ditaruh di kulkas bisa lebih lama dari itu," katanya kepada detikTravel.

Khusus untuk roti yang dibeli dan dibawa pulang, sayangnya hanya sanggup bertahan dua hari. "Roti kami setiap harinya fresh dari oven, makanya enggak kuat lama," kata karyawan yang sudah bekerja selama tiga tahun tersebut.

Roti Ganda ini sudah ada sejak 1979 dan berada di pinggir Jalan Soetomo. Dari jadwal buka toko, setiap harinya hingga malam hari, tak pernah sepi pengunjung. Termasuk, saat detikTravel mengunjunginya beberapa minggu lalu.

Kita harus sabar mengantre pesanan. Namun ketika Anda melihat ada karyawan yang kosong dan tidak sedang melayani, langsung saja menghampiri dan memesannya. Yang penting konsumen antre dan tidak usah teriak-teriak.

"Kalau pakai cara teriak dan enggak antre di depan kami, biasanya kami kurang tahu," ujar Anita.

Harga seporsi roti ganda ukuran besar dihargai Rp 16 ribu, dan untuk roti kecilnya Rp 2.500. Selamat menikmati! ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Detik.com
wwwwww