Ingin Beli Ponsel Buat Jualan Online? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membelinya

Ingin Beli Ponsel Buat Jualan Online? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membelinya

Salah satu produk ponsel pintar keluaran Vivo yaitu Vivo Y12i/INTERNET

Kamis, 22 Juli 2021 16:28 WIB

PADA masa pandemi seperti sekarang ini transaksi jual beli secara online terus meningkat. Momentum seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk mulai berjualan secara online.

Saat ini berjualan secara online bisa dibilang mudah untuk dilakukan. Anda tinggal buka toko di marketplace terpercaya, seperti Blibli misalnya dan bisa langsung mulai berjualan. Anda hanya memerlukan stok produk saja untuk dijual lalu menerapkan strategi yang baik untuk marketingnya.

Salah satu materi yang menunjang marketing adalah foto dan juga video produk. Keduanya ini berfungsi sebagai pengganti display produk yang biasa dipajang di toko fisik. Foto maupun video juga harus memiliki kualitas yang baik agar bisa mendatangkan perhatian calon pembeli.

Nah untuk mendukung hal tersebut diperlukannya sebuah ponsel yang memiliki spesifikasi powerful untuk membantu anda berjualan secara online. Dibawah ini ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam memilih ponsel untuk kebutuhan jualan online.

1. Kamera yang Oke

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa foto produk adalah hal penting dalam berjualan secara online. Dengan foto yang baik anda bisa menarik minat calon konsumen untuk mengetahui produk yang anda tawarkan nantinya, maka pastikan anda untuk membeli ponsel yang memiliki kualitas kamera yang oke.

Sekarang ini ada banyak jenis ponsel pintar yang ditawarkan dengan kamera yang cukup fantastis sampai dengan resolusi kamera 108 MP. Tapi, anda harus menyiapkan budget lebih banyak untuk mendapatkan ponsel tersebut. Bagaimana jika budget yang dimiliki terbatas ? Tenang, meskipun terbatas sekarang ini sudah banyak ponsel yang terjangkau namun kualitas kameranya oke.

Sebut saja produk ponsel pintar keluaran vivo yaitu vivo y12i yang memiliki kamera depan dengan resolusi 8MP, sedangkan kamera belakang memiliki resolusi 13MP+2MP.

Aperture Depannya adalah f/2.0 (16MP), Belakang: f/2.2 (13MP) + f/2.4 (2MP), dilengkapi juga dengan flash lampu kilat belakang.

Tidak hanya itu kamera yang dimilikinya memiliki beragam mode diantaranya Professional, PDAF, Palm Capture, Voice Control, Time-Lapse, Slow, Live Photos, HDR, Portrait Mode, Panorama, Portrait Bokeh(single front camera), Watermark, AI Face Beauty, Camera Filter, Super Wide-Angle Camera. Jika anda melihat melalui situs ecommerce Blibli, vivo y12i ini dijual dikisaran harga Rp 1.8 jutaan saya. Keren kan ?

2. Media Penyimpanan yang Cukup Besar

Anda juga perlu memperhatikan kapasitas media penyimpanannya, karena nantinya anda pasti akan mengambil banyak foto dan juga video produk, sehingga anda memerlukan kapasitas media penyimpanan yang cukup besar. Terlebih jika foto produk yang anda butuhkan memiliki kualitas HD.

Maka dari itu anda disarankan untuk mencari ponsel yang memiliki memori internal yang besar dan tidak lupa juga cari ponsel pintar yang tersedia slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan, ketika penyimpanan internal sudah tidak muat lagi.

Vivo y12i memiliki media penyimpanan internal sebesar 32GB yang bisa ditambah dengan memori internal sampai dengan 256 GB. Ponsel ini memenuhi standar untuk jualan online, anda bisa membelinya dengan mudah di Blibli.com.

3. Perhatikan Kapasitas RAM yang Dimiliki

Tidak hanya media penyimpanan internal saja yang perlu anda perhatikan, kapasitas RAM juga harus menjadi perhatian anda dalam memilih ponsel untuk jualan online. Kenapa? Karena dengan kapasitas RAM yang cukup dapat menghasilkan foto serta video yang menarik, karena terkadang anda perlu aplikasi editing untuk menunjang kebutuhan jualan online.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya RAM berkapasitas yang besar. Hal itu dapat meningkatkan kinerja ponsel tersebut sehingga bisa anda gunakan untuk multitasking sekalipun. Namun, jika anda hanya memiliki budget yang terbatas, anda bisa mencari ponsel yang berada di kelas entry level namun dengan RAM minimal 3GB.

4. Lihat Chipset yang Digunakan

Otak sebuah ponsel pintar terletak pada chipsetnya, chipset ini yang mengatur semua berhubungan dengan kinerja ponsel. Sehingga anda perlu memperhatikan chipset yang digunakan. Chipset yang sudah umum digunakan saat ini dan worth it adalah chipset Snapdragon dan juga MediaTek.

Tentunya hal itu tergantung jenis kelas ponsel tersebut ya. Tapi, minimal chipset yang harus anda gunakan dalam ponsel pintar adalah yang memiliki chipset dual core agar segala aktivitas jualan online tetap lancar.

Tapi jika anda memiliki budget lebih, sangat disarankan menggunakan ponsel pintar dengan chipset processor quad core sampai dengan octa core untuk kinerja yang lebih maksimal dan powerful.

Ponsel vivo y12i sudah menggunakan processor Octa-core Snapdragon 439, sehingga ponsel ini cocok untuk anda gunakan berjualan online.

5. Harga Sesuai Kebutuhan

Jika berbicara harga memang ini harus anda siapkan sesuai dengan kebutuhan dan memang tergantung budget yang anda siapkan juga untuk mendapatkan ponsel pintar yang seperti apa. Disarankan untuk memisahkan ponsel pintar yang hanya digunakan sehari-hari dengan jualan online.

Hal ini dilakukan agar lebih mudah upload foto produk, membalas pesan pembeli dan lain sebagainya.

Jika anda memiliki budget berlebih maka anda bisa membeli ponsel di kelas high-end dan ini adalah pilihan terbaik. Tapi jika anda memiliki budget terbatas, maka ponsel entry level seperti vivo y12i yang bisa anda beli di Blibli ini merupakan pilihan yang terbaik, karena telah dibekali dengan spesifikasi yang bisa diandalkan untuk menunjang anda berjualan online.

Semoga dengan menggunakan tips di atas anda bisa menemukan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang anda miliki saat ini. ***

Kategori : Teknomotif
wwwwww