Ini Website Pertama di Dunia yang Online 25 Tahun Silam

Ini Website Pertama di Dunia yang Online 25 Tahun Silam

Website pertama di dunia. (foto: twitter/cern/merdeka)

Rabu, 23 Desember 2015 10:13 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - WWW atau world wide web adalah yang jadi salah satu bagian terpenting internet pertama kali diciptakan tahun 1989 oleh Tim Barner Lee. Dan kemarin, 20 Desember 25 tahun lalu, sebuah website asal Eropa jadi yang pertama online. Website itu adalah webpage dari CERN (Organisasi Penelitian Nuklir Eropa) yang mempunyai alamat https://info.cern.ch. Saat pertama online, website CERN itu tidak terbuka untuk umum, melainkan hanya bisa diakses beberapa universitas dan mahasiswa.

Baru di tahun 1991, website itu benar-benar online untuk publik. Website tersebut dijalankan oleh ilmuwan asal Inggris lewat komputer NeXT.

CERN di tahun 1991 juga mengunggah software untuk WWW di webpage mereka agar bisa mudah diunduh dan dimanfaatkan oleh publik. Selain itu, nyaris tidak ada yang terlalu spesial di website itu. Yang netizen bisa temukan adalah cara menyetel server dan cara menyelesaikan proyek berbasis hypertext.

Sampai saat ini, Anda masih bisa mengunjungi website pertama di dunia yang bisa online itu. Setelah sempat mengubah alamat website itu, akhirnya CERN di tahun 2013 mengembalikannya ke alamatnya semula. ***

Sumber:
Fossbytes

(Reihan Irfan)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Merdeka.com
wwwwww