6 Tips Yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Mendapat Tiket Pesawat Murah

6 Tips Yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Mendapat Tiket Pesawat Murah

Sumber foto: KOMPAS.com.

Rabu, 07 Desember 2022 18:30 WIB
Banyak orang menganggap bahwa membeli tiket pesawat membutuhkan biaya yang cukup mahal. Padahal jika mengerti caranya, mendapatkan tiket pesawat murah bukanlah hal yang mustahil. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat tiket pesawat murah.
Salah satu caranya adalah dengan mencarinya lewat situs seperti Traveloka. Pasalnya, terdapat berbagai promo menarik di sana, salah satunya adalah promo Garuda Indonesia di Traveloka.

Selain itu, Anda bisa menemukan tiket pesawat dari maskapai premium seperti Garuda Indonesia dengan harga lebih murah hingga 40%. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari penerbangan yang bertanda Smart Combo di Traveloka.

Nah, selain berburu tiket pesawat dengan cara tersebut, sebenarnya masih ada beberapa tips lainnya yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah!

1. Pesan Tiket Pesawat Sejak Jauh-Jauh Hari

Agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah, tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah membelinya sejak lama sebelum rencana keberangkatan. Tips ini sendiri sudah diketahui banyak orang karena terbukti sangat efektif untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Anda bisa melakukan pemesanan tiket pesawat sejak 2-3 bulan sebelum waktu keberangkatan. Bahkan, Anda juga dapat mencoba melakukan pemesanan sejak setahun sebelumnya supaya harga tiket yang didapatkan semakin terjangkau.

Pada umumnya, kebanyakan orang melakukan pemesanan tiket pesawat maksimal 5 minggu sebelum berangkat. Karena itu, memesan tiket dalam periode waktu yang lebih lama akan mempermudah Anda mendapatkan tiket pesawat lebih murah.

Untuk melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari, sebaiknya dilakukan pada hari minggu dengan waktu keberangkatan antara Kamis atau Jumat. Oh ya, sebaiknya Anda sudah memastikan waktu keberangkatan dengan baik agar tidak ada kendala walau dipersiapkan sejak lama ya!

2. Cari Tiket Pesawat Ketika Tengah Malam

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah mencarinya saat tengah malam. Pasalnya, kebanyakan tiket pesawat dijual lebih murah saat malam hari dibandingkan ketika pagi hari.

Adapun, Anda bisa memulai mencari tiket pesawat murah ini mulai dari jam 11 malam hingga tengah malam. Hal ini karena kebanyakan pembeli tiket pesawat biasanya hanya memesan tiket namun pembayarannya belum terselesaikan.

Karena itu, pembatalan otomatis dari pesanan yang belum terbayar ini akan dilakukan sekitar tengah malam. Dengan begitu, Anda bisa langsung melakukan pembelian setelah pembatalan otomatis terjadi.

3. Berangkat Saat Musim Low Season

Perlu diketahui, low season adalah musim ketika orang-orang paling sedikit bepergian menggunakan pesawat terbang. Di musim tersebut, harga tiket pesawat biasanya dijual dengan harga yang murah.

Musim low season di Indonesia sendiri terjadi pada bulan September sampai awal Desember. Selain itu, musim low season lainnya di Indonesia terjadi di bulan Januari hingga April. Anda bisa mencari tiket pesawat murah di musim-musim low season tersebut.

Sebaiknya hindari membeli tiket pesawat di musim high season atau periode liburan. Sebab, harga tiket cenderung melambung tinggi pada musim tersebut.

Sebagai informasi, musim high season di Indonesia terjadi pada pertengahan bulan Juni sampai pertengahan Agustus. Selain itu, musim high season lainnya di Indonesia terjadi pada hari Natal dan Malam Tahun Baru.

4. Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Bepergian Dengan Pesawat

Tips berikutnya adalah mengetahui hari-hari yang tepat untuk terbang. Sebagai informasi, tiket pesawat biasanya dijual lebih murah pada hari Selasa, Rabu, dan Sabtu. Karena itu, sebaiknya usahakan agar Anda bisa mencari tiket pesawat pada hari-hari tersebut supaya mendapatkan harga termurah.

5. Pilih Connecting Flight Dibandingkan Direct Flight

Connecting flight atau penerbangan transit adalah opsi lainnya yang bisa Anda gunakan jika ingin mencari tiket pesawat murah. Sebab, tiket pesawat direct flight cenderung lebih mahal jika dibandingkan Anda memilih penerbangan transit.

Sebagai contoh, jika ingin pergi ke London, sebaiknya Anda mencari penerbangan transit London – Tokyo dengan 2 maskapai yang berbeda. Sebab, harga penerbangan ini jauh lebih murah jika dibandingkan Anda menggunakan penerbangan langsung ke London dengan satu maskapai.

Meski akan menghabiskan waktu lebih lama ke tujuan Anda, biaya yang dihemat akan cukup besar. Selain itu, Anda juga dapat berkesempatan mengunjungi tempat lain sebelum ke tujuan Anda dalam waktu singkat.

6. Berlangganan Newsletter Maskapai Atau Situs Perjalanan

Hingga saat ini, masih banyak maskapai dan situs perjalanan yang memanfaatkan email sebagai sarana promosi mereka. Karena itu, berlangganan newsletter dari maskapai dan situs perjalanan adalah tips lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Perlu Anda tahu, email sampai sekarang masih menjadi medium komunikasi pilihan brand, termasuk maskapai dan situs perjalanan. Karena itu, Anda bisa juga mendapatkan informasi seputar promo tiket pesawat murah lewat email newsletter.

Well, itulah 6 tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Selamat mencoba ya! ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww