6 Cara Ampuh Menghindari Sakit Setelah Kehujanan

6 Cara Ampuh Menghindari Sakit Setelah Kehujanan

Ilustrasi. (Sumber: Kompas.com)

Jum'at, 30 September 2022 20:10 WIB

Banyak orang yang menganggap bahwa musim hujan sama dengan musim sakit. Sebab pada saat musim hujan, banyak sekali orang yang mudah terserang penyakit. Terlebih jika mereka kehujanan dan terkena angin dingin. Karena tidak bisa menghentikan aktivitas, banyak orang tetap memilih bepergian ketika musim hujan dengan menggunakan jas hujan Ponco.

Cara ini dipercaya banyak orang untuk menangkal efek dari terkena air hujan. Akan tetapi, yang harus diperhatikan adalah penggunaan jas hujan ponco yang sesuai standar. Mulai dari bahan dan ukuran, jika Anda menggunakan jas hujan yang sesuai, maka itu dapat mengurangi resiko terserang penyakit setelah kehujanan. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengunjungi gerai resmi atau membeli di platform jual beli online terpercaya seperti Blibli.

Di samping menggunakan pelindung, rupanya salah satu faktor terbesar seseorang terserang penyakit adalah terkait daya tahan tubuhnya. Jika daya tahan tubuhnya tidak kuat, maka selepas kehujanan Anda dapat merasa tubuh menjadi tidak sehat. Mulai dari merasa sakit kepala, bersin, kedinginan, sampai flu.

Penyebab dari banyaknya orang yang terserang sakit setelah kehujanan adalah karena tubuh yang terkejut saat menerima suhu dingin, yang tidak seperti biasa dan terjadi secara tiba-tiba. Sehingga hal tersebut membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Terlebih ketika kondisi cuaca yang dingin, virus dapat lebih mudah menyebar.

Lantas, bagaimana cara mencegah tubuh terserang penyakit selepas kehujanan? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terserang penyakit setelah kehujanan.

1. Melepas pakaian yang basah
Jika Anda kehujanan, maka segeralah melepas pakaian yang Anda kenakan. Salah satu alasan mengapa seseorang dapat sakit setelah kehujanan adalah suhu tubuh yang menurun, akibat basah dan kedinginan. Turunnya suhu pada tubuh ini bisa mengakibatkan sistem imun pada tubuh sedikit melemah.

2. Mandi air hangat dan mengeringkan tubuh
Kandungan yang ada dalam air hujan adalah gas, atau senyawa yang memiliki sifat asam. Tingkat keasaman yang lebih besar datang dari gas yang ditemukan ketika gerimis atau hujan turun rintik-rintik. Oleh karena itu, meskipun hanya terkena sedikit air hujan, maka Anda disarankan segera mandi dan keramas. Gunanya untuk menghilangkan senyawa yang bersifat asam, yang dibawa oleh air hujan tersebut.

Ketika selesai melepas pakaian, hal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan tubuh. Selain untuk menghilangkan senyawa asam, langkah ini dilakukan untuk menghilangkan seluruh kuman yang menempel pada bagian kulit Anda. Kuman ini dapat berasal dari mana saja, seperti dari genangan air, air hujan dari atap, atau jalanan yang berlumpur.

Usahakanlah mandi setelah kehujanan dengan air hangat. Sebab, hal ini dapat membantu Anda untuk menaikkan kembali suhu tubuh. Akan tetapi, perlu diingat, jangan sampai Anda mandi terlalu lama. Cukup 10 sampai 15 menit saja, supaya kulit Anda tidak kering. Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh Anda, terutama bagian rambut.

3. Menggunakan baju yang hangat
Ketika hujan turun, maka suhu yang ada dalam ruangan juga ikut menurun. Untuk mencegah Anda merasa kedinginan dan suhu tubuh menurun, maka dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang jauh lebih tebal. Pakaian tersebut nantinya akan membantu menghangatkan tubuh Anda, serta mencegah Anda terserang penyakit setelah kehujanan.

4. Makan makanan yang hangat
Ketika Anda menghirup udara yang dingin dan kering, pembuluh darah yang ada dalam saluran pernapasan bagian atas akan menyempit. Hal ini akan membuat napas menjadi lebih hemat, atau sedikit. Sehingga akan mencegah sel-sel darah putih mencapai selaput lendir guna melawan rhinovirus.

Oleh karena itu, selepas kehujanan, Anda harus menghirup udara yang lebih hangat dan lembap. Cobalah untuk makan dan minum makanan yang hangat. Seperti mengonsumsi secangkir teh hangat sembari menghirupnya. Itu akan membantu jalan pernapasan lebih lancar. Selain itu, Anda juga harus menerapkan pola makan yang sehat untuk mencegah terserang penyakit di musim hujan. Tujuannya supaya sistem kekebalan tubuh terus terjaga.

5. Melakukan peregangan ringan
Anda dapat melakukan peregangan ringan selepas kehujanan untuk menghindari flu. Hal ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat, serta membantu memperlancar aliran darah di tubuh Anda.

6. Istirahat dengan baik
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah segera beristirahat. Ketika terkena air hujan, bagian dalam tubuh akan berusaha mengeluarkan energi supaya tetap kuat. Hal ini akan mengakibatkan tubuh kekurangan energinya selepas kehujanan.
Oleh karena itu, Anda perlu kembali beristirahat untuk mengisi kembali daya atau energy tubuh Anda. Selain itu, hal ini dilakukan supaya sistem imun Anda lebih kuat pada keesokan
harinya. Cara ini dapat membantu Anda terhindari dari sakit selepas kehujanan. ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww