Ini Dia Penyebab Terjadinya Inflasi yang Perlu Diketahui

Selasa, 21 Juni 2022 19:08 WIB

Inflasi adalah keadaan perekonomian di suatu negara di mana terjadi kecenderungan kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam waktu yang panjang (kontinu).

Inflasi tidak hanya menjadi perhatian masyarakat umum, tetapi juga menjadi perhatian dunia usaha, bank sentral, dan pemerintah. Sebab, inflasi bisa berpengaruh terhadap masyarakat dan perekonomian suatu negara.

Yap, Inflasi yang tinggi akan menjadi beban bagi semua pihak. Terjadinya inflasi membuat daya beli suatu mata uang menjadi lebih rendah atau menurun.

Dengan menurunnya daya beli mata uang maka kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik barang maupun jasa akan makin rendah.

Untuk mengatasi fluktuasi inflasi diperlukan kerja sama yang konkret antara masyarakat, pemerintah, dan para pelaku usaha.

Fluktuasi juga merupakan sebuah ketidakpastian. Hal ini juga sangat erat kaitannya dengan nilai mata uang. Selain itu, ketidakpastian ini juga akan sangat berdampak pada perubahan harga pasar.

Secara harfiah, fluktuasi adalah perubahan naik turunnya suatu variabel. Beberapa berpendapat dari perspektif ekonomi misalnya, fluktuasi berarti tidak teraturnya pergerakan harga dari suatu barang. Demi bisa mengatasi inflasi tentu perlu mengetahui penyebabnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22062022/potretnewscom_7kmke_2399.jpg

Pengertian Inflasi

Menurut Bank Indonesia, inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inflasi adalah kemerosotan nilai uang kertas akibat banyaknya peredaran uang kertas dan kenaikan harga barang.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) mengartikan inflasi sebagai kondisi ekonomi di mana terdapat kenaikan harga barang dan jasa dalam waktu yang panjang karena ketidakseimbangan arus uang dan barang.

Menurut BPS, seperti yang dilansir dari laman Bank Indonesia, disebut inflasi jika kenaikan barang terjadi secara meluas akibat kenaikan suatu barang yang mempengaruhi barang lain. Sementara kenaikan harga satu atau dua barang tidak dapat disebut inflasi.

Garis besar dari pengertian ini adalah inflasi disebabkan karena kenaikan harga barang dan jasa secara meluas yang konsisten dalam waktu cukup panjang sehingga mengacaukan perputaran keuangan serta menyebabkan terjadinya penurunan nilai mata uang.

Faktor Penyebab Inflasi

Ada beberapa penyebab terjadinya inflasi. Penting tentunya mengetahui penyebab inflasi. Apa saja penyebab inflasi? Berikut ini rangkuman tentang penyebab-penyebab terjadinya inflasi, seperti dilansir dari laman pintu

1. Inflasi Akibat Permintaan (demand pull inflation)

Inflasi akibat tarikan permintaan adalah inflasi yang terjadi karena barang yang diminta (aggregate demand atau AD) melebihi jumlah barang yang ditawarkan dalam perekonomian (aggregate supply atau AS).

Jadi, permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa tertentu selalu mengalami peningkatan, di sisi lain kapasitas produksi tetap atau tidak dapat ditingkatkan.

Peningkatan permintaan masyarakat akan barang dan jasa lebih besar dari barang dan jasa yang ditawarkan maka mengakibatkan kenaikan harga sehingga menyebabkan terjadinya inflasi.

2. Inflasi Akibat Meningkatnya Produksi (cosh push inflation)

Inflasi desakan biaya atau inflasi dari sisi penawaran adalah inflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya kenaikan biaya yang pesat dibandingkan produktivitas dan efisiensi perusahaan sehingga perusahaan mengurangi suplai barang dan jasa.

Peningkatan biaya produksi akan mendorong perusahaan menaikan harga barang dan jasa, meski mereka harus menerima resiko pengurangan permintaan barang dan jasa yang diproduksi dari masyarakat.

Inflasi tersebut bisa juga disebabkan hal-hal berikut:

● Para serikat buruh terdorong untuk meminta kenaikan upah yang melebihi perkembangan produktivitasnya.

● Para pengusaha menaikan harga pada tiap unit produk yang telah diproduksinya karena ingin mendapatkan laba yang lebih tinggi.

● Harga bahan mentah meningkat menyebabkan perusahaan membayar bahan mentah lebih tinggi.

3. Tingginya Peredaran Uang

Penyebab inflasi terjadi karena uang yang beredar di masyarakat lebih banyak ketimbang yang dibutuhkan. Ketika jumlah barang tetap sedangkan uang yang beredar meningkat dua kali lipat, tentu bisa terjadi kenaikan harga-harga hingga 100 persen.

Hal ini bisa terjadi ketika pemerintah menerapkan sistem anggaran defisit, di mana kekurangan anggaran tersebut diatasi dengan mencetak uang baru.

Namun, hal ini justru membuat jumlah uang yang beredar di masyarakat makin bertambah dan mengakibatkan inflasi.

4. Inflasi Campuran (Mixed Inflation)

Inflasi ini terjadi karena adanya kenaikan penawaran dan permintaan. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan. Ketika permintaan terhadap suatu barang atau jasa bertambah, kemudian mengakibatkan penyediaan barang dan faktor produksi menjadi turun. Sementara itu, pengganti atau substitusi untuk barang dan jasa tersebut terbatas atau tidak ada. Keadaan yang tidak seimbang ini akan menyebabkan harga barang dan jasa menjadi naik.

5. Inflasi Ekspektasi (Expected Inflation)

Inflasi ekspektasi terjadi sebagai akibat perilaku masyarakat yang berpendapat bahwa kondisi ekonomi di masa yang akan datang akan menjadi lebih baik lagi. Inflasi jenis ini tergolong sulit untuk dideteksi karena kejadiannya tidak terlalu signifikan.

6. Struktural Ekonomi yang Kaku

Produsen tidak bisa mencegah dengan cepat kenaikan permintaan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk. Akhirnya permintaan sulit dipenuhi saat ada pertumbuhan jumlah penduduk.

7. Kekacauan Ekonomi dan Politik

Bila suatu negara dalam kondisi yang tidak aman, harga-harga barang di negara tersebut cenderung mahal. Hal ini juga pernah terjadi di Indonesia ketika ada kekacauan politik dan ekonomi pada tahun 1998. Pada masa tersebut, level inflasi di Indonesia mencapai 70 persen padahal level inflasi yang normal berkisar antara 3 hingga 4 persen.

8. Keputusan Perusahaan

Terkadang inflasi terjadi secara alami ketika pasokan menurun dan permintaan meningkat, tetapi di lain waktu inflasi diatur oleh perusahaan. Perusahaan yang membuat barang-barang populer sering menaikkan harga hanya karena konsumen bersedia membayar jumlah yang meningkat. Perusahaan juga menaikkan harga secara bebas ketika barang yang dijual adalah sesuatu yang dibutuhkan konsumen untuk keberadaan sehari-hari, seperti minyak dan gas.

9. Utang Nasional

Ketika utang suatu negara meningkat, pemerintah memiliki dua opsi: mereka dapat menaikkan pajak atau mencetak lebih banyak uang untuk melunasi hutang. Kenaikan pajak akan menyebabkan bisnis bereaksi dengan menaikkan harga untuk mengimbangi kenaikan tarif pajak perusahaan. Atau, jika pemerintah memilih opsi yang terakhir, mencetak lebih banyak uang akan mengarah langsung pada peningkatan jumlah uang beredar, yang pada gilirannya akan mengarah pada devaluasi mata uang dan kenaikan harga.

10. Luar Negeri

Inflasi juga dapat berasal dari sumber eksternal, misalnya kenaikan berkelanjutan dalam harga minyak mentah atau komoditas impor lainnya, bahan makanan dan minuman. Inflasi ini disebut imported inflation.

Kelola Inflasi dengan Investasi yang Aman di Pintu

Pintu hadir sebagai tempat resmi jual beli aset kripto di Indonesia dengan nama resmi PT Pintu Kemana Saja. Pintu hadir dalam bentuk aplikasi dan website. dan telah terdaftar resmi dan diawasi BAPPEBTI untuk digunakan transaksi cryptocurrency, sehingga legal untuk digunakan.

Aplikasi Pintu bisa digunakan untuk bertransaksi jual beli berbagai jenis aset kripto. Hingga saat ini aset kripto yang ditawarkan di aplikasi Pintu yaitu Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Yearn Finance, Tether, dan banyak lainnya.

Saat ini Pintu telah diunduh lebih dari 2 juta kali dan telah digunakan oleh lebih dari 700.000 pengguna aktif per akhir tahun 2021 lalu. Pada 31 Mei 2021, Pintu telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 dam sertifikasi ISO 27017.

Aplikasi Pintu bisa Anda gunakan di smartphone atau tablet yang mendukung. Menariknya, Pintu menghadirkan fitur khusus yang belum ada di aplikasi sejenis lain bernama address book. ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww