4 Cara Branding Produk Agar Selalu Diingat Konsumen

4 Cara Branding Produk Agar Selalu Diingat Konsumen

Gambar dikutip dari Viva.

Senin, 23 Mei 2022 19:28 WIB

Salah satu hal yang paling sulit dan sering mengalami kendala dalam sebuah pemasaran produk adalah cara branding produk tersebut. Kelihatannya hal ini sangat sepele karena hanya membuat nama brand dan membuat logonya saja. Akan tetapi yang sulit adalah membuat bagaimana brand tersebut bisa diingat di masyarakat dan menjadi sebuah ciri khas.

Ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk branding produk agar terlihat unik dan menarik. Jika Anda masih pemula, tentunya Anda masih sangat kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Hal itu wajar memang karena membuat branding sebuah produk yang menarik memang ada trik dan pembelajarannya tersendiri. Maka dari itu, Anda harus belajar bagaimana cara menetapkan brand produk yang selalu diingat konsumen seperti berikut ini.

Macam-macam Cara Branding Produk Unik dan Menarik

1. Memilih Nama yang Mudah Diingat

Pastikan bahwa nama atau brand dari produk yang Anda jual mudah diingat oleh para konsumen. Nama ini harus singkat, padat, dan jelas. Sebisa mungkin ciptakanlah nama yang sesuai dengan jenis produk apakah itu makanan, fashion, atau yang lainnya. Ini akan membuat bisnis dan produk yang sedang dipasarkan lebih mudah diterima oleh masyarakat sebagai konsumen.

Usahakan nama tersebut tidak sama dengan brand produk yang lain. Hal ini bertujuan agar produk yang Anda jual memang memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu, ketika nama produk Anda disebutkan, maka orang sudah bisa mengingatnya.

2. Logo Harus Menarik dan Full Colour

Setelah nama brand dibuat, tugas Anda selanjutnya yakni membuat logo dari brand tersebut. Buatlah logo yang simpel, namun penuh dengan filosofi makna. Hal ini akan membuat produk yang Anda jual lebih bisa dikenal dengan baik.

Jika memang Anda tidak bisa mendesain logonya sendiri, Anda bisa minta tolong atau berkonsultasi dengan para ahli desain. Utarakan keinginan Anda untuk membuat logo seperti apa. Pilihlah logo dengan makna terbaik dan warna yang mencerminkan produk milik Anda.

3. Jargon Kekinian dan Jelas

Cara branding produk berikutnya yakni Anda harus membuat jargon yang menarik, singkat, padat, dan juga jelas. Sama halnya dengan pemberian nama brand, jargon harus mudah diingat dan menjadi daya Tarik dari produk Anda.

Saat melakukan marketing, Anda harus menggunakan jargon ini sebaik mungkin. Buatlah jargon kekinian sesuai dengan topik yang sedang booming di masyarakat. Usahakan kata-katanya indah dan memiliki makna yang menarik sehingga calon konsumen akan tertarik dengan produk Anda setelah mendengar jargon tersebut.

4. Selalu Membawa Ciri Khas produk Saat Marketing

Jangan lupa untuk selalu mengedepankan ciri khas dari produk Anda saat Anda melakukan marketing. Sekali lagi, hal ini sangat penting agar produk Anda diingat oleh para konsumen. Usahakan semua hal yang berkaitan dengan marketing tersebut mencerminkan ciri khas dari produk itu.

Lakukanlah marketing dengan strategi jitu sesuai dengan target pasar konsumen Anda. Anda dapat melakukan pemasaran baik secara offline maupun online. Jika marketing tersebut berhasil, bukan tidak mungkin bahwa kesuksesan sudah ada di depan mata.

Itulah beberapa cara branding produk yang dapat Anda coba untuk diterapkan. Supaya proses branding produk makin maksimal, Anda bisa mendukungnya dengan membuat sebuah website bisnis. Di dalam website tersebut, bisa Anda berikan informasi mengenai produk yang Anda jual dengan lengkap.

Website inilah yang akan membantu membuat brand Anda semakin dikenal oleh khalayak luas. Buatlah website dengan desain yang menarik dan user friendly. Gunakan juga VPS Niagahoster agar kinerja website bisa selalu stabil dan Anda bisa memiliki akses penuh untuk mengatur servernya. ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww