Ketahui Ini 7 Vaksin yang Diperlukan oleh Orang Dewasa

Ketahui Ini 7 Vaksin yang Diperlukan oleh Orang Dewasa

Ilustrasi/HEPATITISAUSTRALIA.com

Sabtu, 24 Oktober 2020 16:08 WIB

VAKSIN adalah suatu zat penting yang cukup berperan dalam menghasilkan kekebalan tubuh dari suatu penyakit. Vaksin ini terbuat dari virus, bakteri yang telah dilemahkan dan kombinasi dari berbagai zat.

Seperti yang diketahui, vaksin biasanya diperlukan bagi anak-anak dan bayi untuk mencegah suatu penyakit tertentu. Namun selain anak-anak, orang dewasa pun juga membutuhkan vaksin agar terhindar dari suatu penyakit. Apa saja vaksin yang diperlukan oleh orang dewasa?

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/24102020/potretnewscom_8vq3d_1982.jpgIlustrasi/THECONVERSATION.com

1. Vaksin Influenza
Penyakit ini sangat mudah dialami oleh semua orang. Influenza adalah perlindungan disaat musim pancaroba. Namun apabila penyakit ini dialami oleh orang yang memiliki penyakit lainnya bisa menjadi masalah.

Vaksin ini bisa diberikan pada bayi usia 6 bulan keatas hingga lansia diatas usia 65 tahun. Vaksin influenza dijadwalkan setiap 1 tahun sekali, yaitu antara bulan Oktober hingga pertengahan November.

2. Vaksin Hepatitis B
Orang dewasa dengan mudah terserang virus hepatitis apabila menjalankan pola hidup yang tidak sehat, serta kurang menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan kurangnya kebersihan alat kesehatan.

Vaksin ini telah dijadwalkan sejak bayi dan bisa dilanjutkan lagi saat dewasa. Vaksin Hepatitis B diperlukan dalam mencegah virus Hepatitis B dan D. Dalam pemberian bagi orang dewasa, vaksin ini bisa diberikan terbagi dalam tiga dosis dalam setahun dengan jarak 1 sampai 6 bulan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/24102020/potretnewscom_ssyq2_1983.jpgIlustrasi/MEDBRIEFNAMIBIA.com

3. Vaksin Tetanus
Vaksin tetanus ini berfungsi mencegah infeksi bakteri Clostridium Tetani yang mengakibatkan racun yang bisa mengakibatkan kekakuan otot. Infeksi tetanus yang semakin parah bisa menyebabkan resiko kematian.

Suntik tetanus bagi orang dewasa harus dilakukan secara rutin minimal 10 tahun sekali dengan dapat diberikan tiga dosis vaksin dalam rentang periode 7-12 bulan. Hal ini disebabkan karena vaksin tetanus tidak dapat memberikan kekebalan seumur hidup, dan efek perlindungan vaksin biasanya akan berkurang setelah 10 tahun.

4. Vaksin Pneumokokus
Vaksin Pneumokokus adalah vaksin yang bermanfaat menangkal tubuh dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Streptococcus Pneumoniae. Bakteri ini bisa mengakibatkan penyakit meningitis, pneumonia, dan septicemia atau infeksi berat. Bakteri ini juga membuat kerusakan permanen pada otak, bahkan kematian.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/24102020/potretnewscom_nszu4_1984.jpgIlustrasi/HEALT.HARVARD.EDU

5. Vaksin HPV
Virus HPV adalah virus yang mengakibatkan infeksi kulit pada kelamin, serta menyebabkan kanker. HPV bisa menular melalui hubungan seksual, termasuk juga melalui seks oral. Vaksin HPV dapat diberikan pada wanita berusia 13 hingga 26 tahun, atau yang sudah aktif melakukan hubungan seksual.

6. Vaksin Herpes Zoster
Herpes Zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi virus Variella Zoster atau virus yang juga menyebabkan cacar air. Virus ini bisa saja aktif kembali pada kondisi sistem imun yang sudah melemah misalnya pada saat hamil, mengidap kanker, kemoterapi, terapi radiasi, infeksi HIV. Selain itu juga disebabkan oleh penurunan system imun seperti kondisi kelelahan dan kurang istirahat.

7. Vaksin Difteri
Penyakit difteri banyak dialami oleh anak-anak, penyakit ini bisa menimbulkan masalah pernafasan, kelumpuhan dan gagal jantung. Namun orang dewasa perlu melakukan vaksin difteri untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit difteri. Karena penularan difteri dapat terjadi melalui udara ketika penderitanya batuk atau bersin.

Anak yang berusia 7 tahun keatas dan juga orang dewasa berusia 19-64 tahun disarankan untuk memperoleh vaksinasi ulang atau booster minimal 10 tahun sekali.

Dalam mencari di mana klinik yang memiliki layanan untuk vaksinasi, kini bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc, yang mana sudah mendukung banyak klinik dan rumah sakit di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Halodoc juga dapat dimanfaatkan bagi warga Surabaya dan sekitarnya dalam mencari klinik vaksin Surabaya. Karena melalui Halodoc, bisa langsung membuat janji dengan dokter untuk proses vaksinasi tersebut, atau juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Jadi, di zaman modern ini lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi Halodoc. ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww