Kenapa Ada Tombak dalam Lambang Kota Pekanbaru, Apa Sih Maknanya?

Kenapa Ada Tombak dalam Lambang Kota Pekanbaru, Apa Sih Maknanya?

Kantor Walikota Pekanbaru, inset: Lambang Kota Pekanbaru

Jum'at, 20 November 2015 21:02 WIB
BAGI warga Kota Pekanbaru tentu bentuk lambang Kota Pekanbaru sudah tak asing lagi. Lambang tersebut biasanya terpampang di kantor-kantor pemerintahan di Pekanbaru. Tapi barangkali tak banyak yang tahu arti lambang tersebut. Lambang Kota Pekanbaru terdiri dari perisai yang berbentuk gerbang kota, setangkai padi dan sedahan kapas, satu lingkaran rantai, roda terbang, pohon karet dan menara minyak memakai takal. Selain itu ada juga bentuk sebuah tombak bambu.

Warna lambang terdiri dari empat merah, putih, hijau dan kuning. Dipakai pula warna hitam dan warna sebenarnya alam. Sedangkan warna merah putih dipakai untuk ruangan perisai di tengah-tengah.

Arti Lambang

Perisai dengan memakai pintu gerbang kota warna hitam mewujudkan lambang dari sebuah kota. Lima buah pintu gerbang berarti Pancasila yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia.

Padi dan kapas lambang kemakmuran atau sandang pangan rakyat. Rantai yang melingkari mengartikan kekokohan persatuan rakyat. Roda terbang melambangkan perkembangan yang dinamis.

Pohon karet, menara minyak takal berarti sebagai kota dagang dan kota pelabuhan yang banyak mengekspor hasil hutan dan hasil bumi.

Di tengah-tengah perisai yang berbentuk jantung terdapat sebuah tombak bambu yang tangkainya berwarna coklat tua, matanya berwarna perak tegak lurus, melambangkan kepahlawanan (kekuatan rakyat) dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan tanah air.

Garis lurus melintang yang terletak antara merah putih, maksudnya melukiskan khatulistiwa.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Potret Riau
Sumber:pekanbaru.go.id
wwwwww